Bakteri yang Dapat Menyebabkan Penyakit


Apakah semua bakteri merugikan? Seperti apa bakteri yang menyebabkan penyakit? Anda yang pernah belajar IPA tentunya akan menjawab, bahwa tidak semua bakteri merugikan.

Contoh paling mudah adalah E. Coli. Bakteri tersebut membantu proses pembusukan sisa-sisa metabolisme di dalam tubuh kita serta menghasilkan vitamin K yang berguna dalam pembekuan darah pada saat terjadi luka.

Bahkan kini, seiring dengan semakin majunya ilmu pengetahuan dan teknologi, banyak sekali jenis bakteri yang digunakan dalam proses pengolahan makanan, meningkatkan hasil pertanian, dan digunakan sebagai antibiotik pada bidang kesehatan. Meskipun demikian, tidak sedikit pula bakteri yang dapat menyebabkan penyakit. Artikel berikut ini akan menguraikan beberapa contoh bakteri yang merugikan termasuk menyebabkan penyakit pada manusia.

1. Listeria monocytogenes

Merupakan bakteri yang tumbuh pada makanan mentah, makanan olahan, dan susu yang tidak dipateurisasi. Bakteri ini juga dapat hidup dengan baik di dalam kulkas. Bakteri tersebut dapat menyebabkan demam, meriang, sakit kepala, mual, dan perih di lambung. Bahkan dapat menyebabkan infeksi pada janin.

2. Salmonela

Bakteri ini banyak ditemukan pada telur yang diolah setengah matang, daging, sayuran, dan buah-buahan yang tidak bersih. Infeksi karena bakteri ini dapat menyebabkan demam, diare, dan sakit kepala.

3. Streptococcus pneumoniae

Bakteri ini dapat menyebabkan penyakit pneumonia, sinusitis dan bronkhitis, dan meningiti.

4. Toksoplasma

Infeksi bakteri ini dapat menyebabkan gangguan pada rahim sehingga seorang perempuan akan kesulitan untuk hamil, selain itu, bakteri ini dapat menyebabkan menurunnya sistem kekebalan tubuh.

5. Mycobacterium leprae

Infeksi bakteri ini dapat menyebabkan penyakit kusta atau lepra.

6. Treponema pallidum

Infeksi bakteri ini dapat menyebabkan penyakit sifilis yaitu gangguan pada alat kelamin pria.

7. Clostridium tetani

Infeksi bakteri ini dapat menyebabkan penyakit tetanus, apabila tidak segera ditangani dapat menyebabkan kematian.

8. Shigella dysentriae

Infeksi bakteri ini dapat menyebabkan penyakit disentri, apabila tidak segera ditangani dapat menyebabkan dehidrasi.

9. Pasteurella pestis

Infeksi bakteri ini dapat menyebabkan penyakit pes, apabila tidak segera ditangani dapat menyebabkan kematian.

Setelah kita mengetahui berbagai jenis bakteri yang dapat menimbulkan penyakit pada manusia, ada baiknya jika kita senantiasa menjaga kebersihan makanan dan lingkungan kita. Anda setuju?

Selanjutnya : Bahasa Jepang Daging Sapi dan Bagian-Bagiannya
Sebelumnya: Riau Sebagai Provinsi Terkaya di Sumatra
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar