Nama-nama Virus dan Bakteri yang Menyebabkan Penyakit Menular Seksual

Penyakit yang ada di bumi ini dapat disebabkan oleh bakteri yang menyebabkan penyakit menular seksual. Penyakit lainnya bisa juga disebabkan oleh virus dan jamur.  Penyakit menular seksual tentu ditularkan dari hubungan seks. Salah satunya penyakit Gonorea yang disebabkan oleh bakteri gonococcus.

Penyakit ini menyerang organ kemih dan organ seks karena bakteri gonococcus hidup di area cervix, uretra, anus. Gejala yang muncul yaitu nyeri saat berkemih, keluar cairan dari vagina, demam, nyeri pinggul bagian dalam saat berhubungan seksual. Kebanyakan penderita penyakit ini berusia antara 17-24 tahun berada di negara maju.

Penyebab Penyakit Sifilis

Penyakit sifilis juga termasuk penyakit seksual berbahaya. Bakteri yang menyebabkan penyakit menular ini adalah treponema pallidum. Bakteri ini dapat mengganggu bagian otak dan fungsi organ tubuh lainnya dalam kurun waktu 30 tahun.

Gejala-gejala yang timbul antara lain: timbul lecet hingga menjadi benjolan di bagian kemaluan, muncul ruam kemerahan di beberapa bagian tubuh setelah 6-12 minggu sejak berhubungan seks, nyeri persendian, gejala lain mirip flu. Infeksi penyakit ini dapat ditularkan seorang ibu ke janinnya selama kehamilan. Sifilis dapat diatasi dengan antibiotik penisilin G. Penyakit ini terjadi di negara berkembang dan terkadang muncul bersamaan dengan virus HIV.

Penyebab dan Gejala Penyakit Klamidia

Penyakit klamidia yang disebabkan oleh bakteri chlamydia trachomatis termasuk penyakit menular seksual. Gejalanya antara lain: rasa nyeri di bagian panggul, pendarahan setelah berhubungan seksual, cairan vagina encer dan berwarma kekuningan.

Penyakit ini dapat menyebabkan kemandulan pada kaum pria. Adanya istilah mandul bagi pria seharusnya bisa disadari karena perbuatan yang sudah dilakukan. Biasanya, pria yang sudah mengidap penyakit seksual dan menikah lalu dinyatakan mandul oleh dokter, kadang menyalahkan istri. Hal ini bisa memperkeruh rumah tangga yang sampai akhirnya bisa berakhir di meja sidang untuk bercerai.

Penyebab Penyakit Herpes

Infeksi di bagian kelamin juga bisa menimbulkan penyakit herpes. Penyakit herpes terbagi menjadi dua jenis, yaitu herpes simplex dan herpes zostex. Keduanya menyerang permukaan kulit di tubuh, terutama herpes simplex yang menyerang bagian kulit kelamin.

Penyakit ini disebabkan oleh virus HSV-1 dan HSV-2 yang sulit sekali disembuhkan. Jika penderita telah sembuh, maka akan ada kemungkinan penyakitnya timbul kembali. Jadi, cegahlah bakteri yang menyebabkan penyakit menular seksual sebelum terjadi penyakit dengan setia pada satu hubungan seksual bersama pasangan yang sehat. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Komunikasi Efektif dalam Pendidikan
Sebelumnya: Macam Media dalam Ilmu Komunikasi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

//adsnya disini