Balasan Surat dari Sahabat, Tema untuk Merangsang Kemampuan Menulis Anak

“Balasan surat dari sahabat” dapat menjadi salah satu tema yang dapat diusung untuk merangsang kemampuan menulis anak. Melalui menulis surat yang ditujukan kepada sahabatnya, anak dilatih untuk menulis sesuatu yang mereka lihat dan mereka alami.

Kemampuan menulis ini penting guna meningkatkan minat membaca dan membuka wawasan pada anak. Saat ini budaya menulis surat kepada sahabat agaknya sedikit menurun karena perkembangan teknologi saat ini. Kemampuan menulis anak Indonesia masih tergolong sangat rendah dibandingkan negara-negara lain.

Loading...

Padahal kemampuan menulis merupakan kemampuan yang penting bagi perkembangan wawasan anak. Anak yang gemar menulis akan semakin meningkatkan wawasan diri dengan gemar membaca. Anak-anak yang gemar membaca membawa peningkatan pengetahuan dan wawasan mereka sehingga anak-anak terbiasa mengolah informasi yang mereka dapatkan.

Meningkatkan Kemampuan Menulis

Melalui tema yang dibangun balasan surat dari sahabat anak-anak dirangsang daya imajinasi dan kreativitasnya dalam merangkai kata yang dituangkan ke dalam surat. Kemampuan menulis yang dilatih melalui surat-menyurat dengan sahabat atau yang dulu populer disebut surat-menyurat dengan sahabat pena.

Kegiatan ini dapat menjadi wadah aktivitas yang positif bagi anak sehingga menjadi sarana untuk mengembangkan dan mengasah kemampuan mereka atau mengembangkan hobi dan bakat menulis mereka. Anak-anak yang menjalin persahabatan melalui surat menyurat akan memperluas jaringan mereka dan mebuka wawasan mereka akan pengetahuan-pengetahuan baru dari sahabatnya.

Hal ini dapat meningkatkan kemampuan komunikasi pada anak. Melalui tema “balasan surat dari sahabat” anak-anak dapat terpacu untuk membiasakan menulis surat dan melakukan kegiatan menulis sehingga mendukung kemampuan keaksaraan pada anak.

Meningkatkan Wawasan dan Pengetahuan

Wawasan dan pengetahuan anak akan semakin berkembang apabila anak melakukan korespondensi dengan sahabat di luar daerah mereka. Mereka dapat mempelajari budaya dan pengetahuan baru dari sahabat penanya. Ini dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan anak-anak.

Sungguh banyak sekali manfaat yang dapat diambil dari kegiatan surat menyurat dengan sahabat pena. Balasan surat dari sahabat menjadi penyemangat seseorang untuk terus menulis surat karena anak-anak dilatih untuk menuliskan apa yang ingin mereka katakan dalam hal ini mereka mengembangkan kemampuan komunikasinya.

Hasilnya dapat berdampak positif pada perkembangan kebahasaan anak-anak. Saat ini, kegiatan surat-menyurat dapat dilakukan dengan lebih cepat dan lebih canggih melalui surat elektronik atau email. Pemanfaatan melalui email untuk melakukan kegiatan berkorespondensi ini dapat merangsang anak untuk lebih antusias dalam menulis.

Demikian ide “balasan surat dari sahabat” dapat diterapkan untuk belajar anak. Semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Desain Kamar Laki-Laki Gaya Sederhana
Sebelumnya: Anatomi Fisiologi Sistem Endokrin dalam Tubuh
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar