Bangunan Peninggalan Belanda di Aceh


Provinsi Aceh juga menjadi bukti atas penjajahan yang pernah dilakukan oleh Belanda terhadap Indonesia. Hal ini terbukti dengan terdapatnya bangunan peninggalan Belanda di Aceh. Bangunan inilah sebagai lambang peradaban dunia pada masa lampau. Dengan peningagalan-peninggalan yang ada, maka rakyat Aceh dapat mengetahui sejarah atau bukti peninggalan Belanda pada masa lalu. Beberapa bukti bangunan peninggalan Belanda yang terdapat di Aceh, di antaranya adalah sebagai berikut.

1.  Water Tower atau menara air

Menara air yang atau yang sering disebut sebagai Water Tower ini dapat Anda temukan di tepi jalan balai kota yang berada di Balai Kota, Kampung Baru, Baiturrahman Banda Aceh. Letak menara air dapat dikatakan strategis serta mudah dijangkau oleh wisatawan yang ingin menyaksikkan kemegahan menara ini. Hal ini disebabkan karena Water Tower ini terletak di sebelah Taman Sari yang tidak jauh dari hotel Aceh yang berada di depan masjid Baiturrahman.

Bangunan ini didirikan oleh kolonial Belanda pada tahun 1880. Bangunan ini membuktikan bahwa kolonial Belanda pada zaman dahulu pun tetap menunjukkan keseriusan mereka untuk mengelola air. Namun, pada saat sekarang bangunan ini sudah tidak berfungsi lagi, serta kebanyakan masyarakat Banda Aceh hanya mengenal bangunan ini sebagai menara air.

2.  Menara Mercusuar Williem’s Toren

Menara Mercusuar Williem’s Toren ini adalah salah satu peninggalan Belanda yang didirikan pada tahun 1875. Pada tahun 1875 pemerintahan Belanda memutuskan untuk membangun menara ini. Selain menara Mercusuar Williem’s Toren, dalam wilayah tersebut juga terdapat bangunan yang digunakan untuk tempat istirahat serta bangunan untuk menjamu para tamu-tamu yang Belanda pada saat itu. Menurut sejarah yang ada, di dunia hanya ada 3 mercusuar, yaitu di Aceh, Belanda, serta Kepulauan Karibia.

Inilah dua contoh bangunan peninggalan Belanda yang berada di Aceh. Namun, pada kenyataannya kolonial Belanda tidak hanya meninggalkan jejak sejarahnya di Aceh, tetapi banyak bangunan peninggalan kolonial Belanda yang tersebar di indonesia ini. Bangunan peninggalan Belanda di Aceh inilah yang menjadi salah satu bukti kuat bahwa pada zaman dahulu kolonial Belanda pernah tinggal di Indonesia bahkan telah menjajah negara kita tercinta ini.

Selanjutnya : Tips Merawat Murai Batu Yang Bagus
Sebelumnya: Memilih Menu Buah-buahan untuk Bayi Umur 6 Bulan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar