Mengatasi Banjir Musiman Jakarta

Banjir dan Jakarta, setiap kali hujan mengguyur di Kota Jakarta maka banjir akan menghampiri. Apalagi musim penghujan akan segera tiba artinya banjir akan sering mampir di Jakarta. Itulah penomena yang kerap terjadi jika banjir tiba. Bahkan hujan deras di tahun 2012 mampu melumpuhkan Jakarta karena banjir terjadi di pusat-pusat kota, bahkan di Bundaran Hotel Indonesia. Hal tersebut tentunya tidak ingin terulang di tahun-tahun selanjutnya sehingga pemerintah yang baru saat ini mencoba memberikan solusi untuk mengatasi banjir musiman Jakarta.

Pengertian Banjir Musiman

Loading...

Banjir musiman, dua kata yang membuat sebagian besar penduduk bersiap diri dengan merenovasi rumah, meninggikan fondasi rumah, memperbaiki saluran air, dan berbagai kegiatan lainnya agar banjir tidak menggenangi rumah tempat tinggal dan sekitarnya.Banjir musiman berarti luapan air yang menggenangi daerah pemukiman penduduk dan sekitarnya pada waktu yang stabil, misalnya tahunan, dua tahunan atau lima tahunan.

Biasanya merupakan puncak banjir yang paling tinggi dan memang sudah bisa diprediksi kedatangannya. Banjir sangat merugikan karena banyaknya kerusakan akibat banjir serta segala aktivitas kegiatan perekonomian sedikit mengalami hambatan.

Selain itu faktor penting lainnya akibat banjir ini menyebabkan berbagai penyakit berdatangan seperti diare dan gatal-gatal. Oleh karena banyaknya kerugian akibat banjir maka harus ada langkah serius yang dilakukan agar banjir musiman tidak lagi ada dan Jakarta bebas banjir.

Upaya Mengatasi Banjir

Ada beberapa upaya yang dilakukan pemerintah dalam mengatasi banjir musiman dan sebagian telah jauh-jauh hari dilaksanakan sebelum musim penghujan tiba, di antara upaya yang sedang dan akan dilakukan untuk mengatasi banjir tersebut adalah sebagai berikut.

  • Pengerukan sungai-sungai yang ada di Jakarta. Pengerukan sungai maksudnya adalah mengambil apa yang ada di dasar sungai baik itu tanah atau material lainnya agar sungai dapat menampung air lebih banyak lagi.
  • Normalisasi sungai yang ada di Jakarta seperti Sungai Angke, Sungai Pasanggrahan, Sungai Ciliwung dan sungai lainnya.
  • Membuat sumur resapan atau lubang biopori. Sumur resapan adalah lubang  yang dibuat dalam tanah untuk menampung air hujan agar meresap ke dalam tanah.
  • Rencana ke depan pemerintah DKI berencana membuat waduk besar di daerah Ciawi dan Cimanggis Jawa Barat yang bekerja sama dengan pemerintah Jawa Barat

Selain upaya-upaya yang sedang dan akan dilakukan leh pemerintah dalam mengatasi banjir maka warga Jakarta pun harus ikut berperan dalam mencegah banjir datang. Jangan sampai pekerjaan pemerintah Jakarta menjadi sia-sia karena tidak ada dukungan penuh dari warganya.

Dukungan tersebut berupa perbuatan untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak membuang sampah ke sungai. Semoga usaha tersebut dapat mengatasi banjir musiman Jakarta.

Loading...
Selanjutnya : Misteri Nyi Roro Kidul yang Melegenda
Sebelumnya: Contoh Larutan Gas di Sekitar Kehidupan Manusia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar