Banyak Dijumpai Kasus Anemia Pada Ibu Hamil


Kasus anemia pada ibu hamil selalu dijumpai di Indonesia, sehingga hal ini seringkali dianggap wajar. Namun tentu saja tidak dapat dibiarkan begitu saja, sebab dapat membahayakan si ibu dan si bayi jika tidak ditanggulangi, dan risiko besar pun siap mengancam.

Anemia biasanya hal ini akan dialami pada tiga bulan pertama kehamilan, hemoglobin biasanya akan ada di bawah 10 g/dL. Hal ini salah satunya disebabkan meningkatnya volume darah pada tubuh sehingga menyebabkan sel darah merah berkurang .

Perubahan hormon yang cenderung berubah pada saat hamil, membuat beberapa ibu hamil mengalami mual, sulit makan, sering muntah, karena hal itu tubuh menjadi kurang asupan nutrinya, sehingga sel darah merah pun tidak dapat berproduksi dengan baik.

Hal lainnya yang menyebabkan anemia adalah kurangnya zat besi pada tubuh. Yaitu zat yang sangat diperlukan untuk pembuatan sel darah merah.

Tanda anemia pada ibu hamil sama seperti gejala anemia pada orang biasa pada umumnya, seperti badan menjadi lesu, kepala pusing, tidak bersemangat, seringkali mengantuk, sesak napas, ketahan tubuh menurun sehingga seringkali sakit, bahkan tak jarang ada yang hingga pingsan karena lemas dan pusing.

Jika hal tersebut dibiarkan begitu saja, anemia bisa berbahaya apalagi ketika hamil. Bukan tidak mungkin dapat membahayakan si jabang bayi juga.

Hal ini harus segera ditanggulagi, salah satunya adalah dengan periksakan ke dokter atau bidan secara teratur mengenai kondisi kehamilan Anda, minta saran kepada mereka cara mengatasi anemia tersebut, penuhi kebutuhan zat besi selama hamil dengan baik, dan tentu saja konsumsi makanan yang bernutrisi tinggi.

Beberapa makanan yang mengandung zat besi diantaranya adalah sayur bayam, buncis, telur, dan daging merah. Disamping itu konsumsi juga makanan yang dapat menyerap dengan baik zat besi, diantaranya adalah makanan yang mengandung vitamin C tinggi, stroberi, brokoli, dan jeruk

Bagi Anda yang sedang merencanakan kehamilan mungkin bisa dari sekarang banyak mengkonsumsi zat besi dan makanan yang bernutrisi tinggi untuk mengurangi kasus anemia pada ibu hamil. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Membedah Asmaul Husna dan Khasiatnya
Sebelumnya: Blackberry Cina yang Murah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar