Banyak Rusuk Bangun Prisma Siku-Siku


Matematika memang identik dengan hitungan serta angka. Dalam mempelajari matematika kita pasti menemui materi pelajaran tentang bangun ruang. Nah, kesempatan kali ini kita akan membahas tentang banyak rusuk bangun prisma siku-siku yang dapat Anda temui dalam materi bangun ruang ini. Bangun prisma siku-siku sering disebut juga bangun prisma segi empat. Disebut siku-siku karena memiliki memiliki titik sudut yang berbentuk 90o. bangun prisma siku-siku atau bangun prisma segi empat ini dapat kita temui pada balok serta kubus.

Balok serta kubuk memiliki 8 titik yang sama serta membentuk sudut siku-siku. Prisma siku-siku ini memiliki 6 sisi bidang, yang keenam sisi bidangnya membentuk persegi empat.

Sedangkan banyak rusuk yang dimiliki oleh bangun prisma siku-siku ini terdiri dari 12 rusuk. Namun secara umum ciri-ciri bangun prisma adalah:

  1. Bangun prisma adalah suatu bangun yang memiliki sisi atas serta alasnya sejajar dan kongruen.
  2. Rusuk dari bangun prisma pada bagian alas dan atas saling berhadapan serta sejajar.
  3. Rusuk tegak dari prisma adalah sama serta sejajar
  4. Rusuk tegak dari bangun prisma tersebut disebut juga sebagai tinggi dari prisma

Untuk mengetahui banyaknya rusuk suatu bangun prisma kita dapat menggunakan rumus 3n. dengan n adalah banyaknya segi dari prisma tersebut. misalnya saja prisma segitiga maka memiliki banyak rusuk sebesar 3n = 3 x 3 = 9. Jadi banyaknya rusuk prisma sigitiga adalah 9. Begitu pula dengan prisma siku-siku atau yang disebut prisma segi empat ini memiliki n = 4, maka 3n = 3 x 4 = 12.

Mudah bukan, untuk mencari banyaknya rusuk dalam bangun prisma. Dengan rumus yang ada dapat memudahkan Anda dalam mempelajari atau mencari banyak rusuk dalam setiap bangun prisma. Jadi Anda tidak akan pernah kesulitan untuk mempelajari mata pelajaran matematika terutama materi bangun ruang asal Anda mau memprhatikan rumus yang ada serta menggunakannya sesuai dengan kebutuhan.

Demikianlah informasi tentang banyak rusuk bangun prisma siku-siku yang dapat kami berikan.

Selanjutnya : Bentuk Pemerintahan Negara-negara di Dunia
Sebelumnya: Bantuan Konselor
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar