Barang-Barang yang Diimpor Australia dari Indonesia


Dalam kehidupan bernegara diperlukan hubungan kerja sama antar negara. Hal ini tentu bertujuan untuk saling memenuhi kebutuhan di  masing-masing negara. Begitu pula yang dilakukan Australia dan juga Indonesia. Banyak  barang-barang yang diimpor Australia dari Indonesia. Begitu pula sebaliknya, Indonesia juga mengimpor beberapa komoditi dari negara kanguru tersebut.

Beberapa komoditi yang sering diimpor oleh Australia dari negara kita berupa batu bara, minyak mentah, sepatu, pupuk urea, kayu lapis, teh. Selain itu gold, wood, new pneumatic tyres and paper,  paperboard dan masih banyak lagi. Tingkat impor yang dilakukan oleh Australia semakin meningkat seperti yang disebutkan oleh Menteri Perdagangan Indonesia.

Perdagangan internasional memang saling menguntungkan. Tak hanya menambah pendapatan negara, Indonesia juga bisa mencukupi kebutuhan yang tidak terdapat di negaranya misalnya Indonesia mengimpor wol yang ada di negara Australia.

Perdagangan Indonesia – Australia

Perdagangan Indonesia dan Australia berawal dari persetujuan ASEAN dengan Australia – New Zealand Free Trade Area (AANZFTA). Persetujuan tersebut bisa disebut sebagai batu loncatan terjadinya hubungan antara Indonesia dan Australia, khususnya untuk meningkatkan kegiatan perdagangan, ekonomi, dan investasi.

Dalam perjanjian tersebut berisi point mengenai ekspor barang yang dilakukan Australia ke Indonesia akan mendapatkan bebas bea masuk sebesar 92 persen. Persentase tersebut untuk seluruh jenis komoditi barang yang diekspor Australia ke Indonesia.  Artinya,  barang-barang yang diimpor Australia dari Indonesia akan mendapatkan kemudahan bea masuk juga.

Perjanjian AANZFTA merupakan perjanjian perdagangan yang sangat komprehensif yang dinegosiasikan oleh anggota-anggota ASEAN. Dalam perjanjian tersebut mencakup mengenai barang, jasa, investasi dan juga kekayaan intelektual.

Batu Bara Hingga Teh

Indonesia terkenal dengan kekayaan alam yang melimpah. Tambang batu bara salah satu contoh kekayaan yang terdapat di bumi pertiwi ini.  Batu bara adalah salah satu bahan bakar yang terbuat dari fosil. Secara umum, pengertian batu bara adalah batuan sedimen yang terbakar terbentuk dari endapan organik yang mengalami proses pembatuan setelah dalam jangka waktu yang lama.

Banyaknya tambang batu bara di Indonesia menjadikan komoditi ini mampu diekspor ke luar negeri. Di Indonesia mempunyai 5 tambang batu bara terbesar yaitu di KPC Sangatta Kalimantan Timur, PT Kideco Jaya Agung yang ada di Batu Kajang Kalimantan Timur, PT Trubaindo Coal Mining di Melak Kalimantan Timur, PT Gunung Bayan di Gunung Bayan Kalimantan Timur dan PT Adaro Indonesia yang juga berlokasi di Kalimantan Timur.

Selain batu bara, Indonesia pun penghasil teh. Banyak perkebunan teh yang menghasilkan teh berkualitas sehingga disukai oleh negara-negara luar. Teh menjadi salah satu barang-barang yang diimpor Australia dari Indonesia.

Selanjutnya : Makna dan Arti Logo dalam Pramuka
Sebelumnya: Tujuh Tempat Paling Misterius di Dunia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar