Definisi Barang Menurut Para Ahli Cendekiawan Ekonomi


Cendekiawan adalah orang yang memiliki kemampuan dalam suatu bidang sehingga mampu memberikan kontribusi untuk memberikan suatu gagasan demi menjawab persoalan dan masalah yang ada. Cendekiawan sering terlibat dengan diskusi yang melibatkan proses pemikiran-pemikiran sehingga tidak jarang mereka juga disebut dengan intelektual. Para cendekiawan mempunyai definisi khusus tentang sesuatu, baik itu benda mati maupun benda hidup. Salah satu yang tidak luput dari perhatian mereka adalah definisi barang menurut para ahli cendekiawan yang terkadang memang berbeda dengan definisi kita.

Sebenarnya, penilaian masyarakat mengenai cendekiawan yang kerap dikaitkan dengan lulusan perguruan tinggi tidak sepenuhnya benar. Tidak ada yang tahu apakah kualitas mereka di sana bisa dibawa ke luar dan pemikirannya bisa digunakan masyarakat luas. Hal lain yang juga tidak kalah penting adalah ketahanan para cendekiawan dalam menghadapi suatu permasalahan dan berbagai jenis pertentangan yang timbul dari masyarakat. Cendekiawan yang baik akan senantiasa berpegang teguh pada kebenaran, sekali pun lingkungannya tidak mendukung apa yan ia lakukan.

Arti Barang dalam Dunia Ekonomi

Cendekiawan dalam bidang ekonomi mendefinisikan kata barang sebagai sesuatu yang memiliki nilai dan terwujud dalam bentuk benda atau jasa. Dari mana suatu benda dapat dikatakan memiliki nilai? Tolak ukur dari nilai yang terkandung dalam barang tersebut ditunjukkan oleh kemampuannya dalam pemenuhan kebutuhan hidup. Sebuah barang akan berfungsi secara maksimal, apabila manfaatnya dapat kita rasakan. Nilai suatu barang tentu tidak akan terus utuh. Sesuai jumlah penggunaannya, nilai barang perlahan berkurang, kemudian habis, bergantung jenis barang tersebut.

Terdapat banyak jenis pengklasifikasian barang berdasarkan banyak faktor, seperti hubungannya dengan barang lain. Dalam hal ini, barang dibagi menjadi dua, yaitu barang pengganti atau substitusi dan barang pelengkap atau komplementer. Sesuai namanya, barang substitusi bisa menggantikan fungsi barang lain, misalnya saja pulpen bisa menggantikan fungsi pensil, lilin bisa menggantikan fungsi lampu. Barang komplementer akan melengkapi barang lain dalam melakukan fungsinya, misalnya saja untuk bisa berfungsi secara maksimal, buku membutuhkan pena.

Definisi barang menurut para ahli cendekiawan ekonomi memang beragam, namun intinya barang tersebut memberikan manfaat. Semoga informasinya bermanfaat untuk Anda.

Selanjutnya : Cabang Cabang Psikologi dan Pengertiannya
Sebelumnya: Apa Saja Software untuk Hacker?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar