Batako Ringan


Batako Ringan

Batako ringan adalah salah satu bahan bangunan yang belakangan ini begitu digemari. Batako ringan adalah solusi bagi daerah yang rawan akan bencana gempa bumi seperti Indonesia.

Batako ringan berbeda dengan batu bata biasa. Ia memiliki tekstur yang lebih kuat dan juga beberaa kelebihan lainnya. Sehingga, pantas saja jika ia menjadi pilihan bahan bangunan.

Batako ringan memiliki beberapa kelebihan yang menonjol dibanding batako biasa. Kelebihan batako ringan itu adalah :

1.    Tahan api. Ia menjadi lebih kuat dan kokoh sehingga akan bisa berdiri lebih lama.

2.    Kedap suara. Inilah salah satu kelebihan dari batako ringan. Makanya, banyak orang yang suka untuk memilihnya menjadi bahan bangunan bagi rumah impiannya

3.    Harga lebih murah. Tentu akan lebih menghemat pengeluaran Anda dan  menjadi lebih terkendali. Sebab pada umumnya jika ingin membangun sebuah rumah maka batu bata atau batako adalah harga yang paling mahal.

Atau ia adalah satu-satunya yang paling menyedot biaya. Sebab, batu bata ini butuh bukan hanya sedikit. Namun akan butuh banyak. Zaman sekarang penggunaan batu bata merah sudah mulai kurang disukai.

4.    Tahan air. Inilah diantara kelebihan yang menonjol. Batu bata biasa akan terkikis jika terkena air. Dan akibatnya mudah keropos, jika sudah begitu bisa dipastikan umur bangunan tidak akan bertahan lama

5.    Bebas lumut. Hal ini menjadikan bangunan akan lebih bersih dan lebih rapi.

Sedangkan untuk spesifikasi sendiri, batu batako ringan memiliki spesifikasi sebagai berikut:

1.    Panjang    : 600 milimeter

2.    Tinggi    : 200 milimeter

3.    Tebal    : 75 mili meter sampai 100 milimeter

4.    Berat kering    : sekitar 750 kilogram permeter persegi

5.    Kekuatan tekanan    : 45 kilogram permeter persegi

Beli batako ringan tidak rugi. Bahkan untung. Karena dari info bata ringan ini demikian menggiurkan.

Itulah sekilas mengenai batako ringan. Semoga bermanfaat sebagai informasi bagi Anda yang sedang mencari info tentang batako jenis ini.

Jika melihat keistimewaan yang ada, tidak heran jika kemudian banyak orang yang memilihnya sebagai bahan pilihan membangun rumah, gedung dan bangunan sejenisnya.

Selanjutnya : Resiko Ukuran Rahim Kecil
Sebelumnya: Ringkasan Cerita Wayang Putra Arjuna
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar