Ciri Khas dalam Batik Sulawesi Selatan

Kain batik merupakan warisan dari nenek moyang yang merupakan ciri khas Nusantara. Batik Nusantara memiliki corak yang berbeda-beda sesuai dengan kekhasan daerahnya masing-masing termasuk batik dari Sulawesi Selatan. Perajin batik Sulawesi Selatan berpusat di Makasar. Batik dari Sulawesi Selatan ini dianggap paling mempesona diantara batik yang berasal dari satu pulau. Warna dan corak dari batik ini sangat indah yang menjadi ciri khas dari daerah Sulawesi Selatan.

Motif yang ada pada kain batik biasanya merupakan simbol yang khas dari suatu daerah. Batik yang khas dari Sulawesi Selatan memiliki motif yang berfilosofi. Motif batik dari Sulawesi Selatan ini mengangkat aksara lontara yang menyimbolkan ungkapan atau peribahasa suatu kebajikan. Batik-batik khas Sulawesi Selatan dibuat oleh perajin yang umumnya berkumpul di suatu wilayah.

Warna yang digunakan pada batik Sulawesi Selatan memilih warna terang dan cerah yaitu merah, kuning serta hijau. Ketiga warna cerah merupakan simbol dari tiga kerajaan besar yang ada di Sulawesi Selatan. Merah menyimbolkan kerajaan Gowa, kuning menyimbolkan kerajaan Bone dan hijau menyimbolkan kerajaan Luwu. Warna yang digunakan pada batik khas Sulawesi Selatan umumnya menggunakan warna alami dari tumbuh-tumbuhan. Teknik pewarnaan yang digunakan menggunakan teknik tumpuk. Meskipun ada juga yang telah menggunakan pewarna kimia dengan teknik pencelupan.

Bahan yang digunakan untuk membuat batik khas Sulawesi Selatan yaitu dari rayon, polister, sutera dan bahan sintetis lain. Pembentukan motif batik menggunakan cairan lain yang dimasukkan di dalam canting dan biasanya untuk motif halus. Sedangkan untuk membuat motif yang lebih besar dapat menggunakan kuas.

Setelah dilukis dengan lilin, kain batik dicelupkan ke cairan warna hingga beberapa kali. Kemudian dilakukan pemasakan untuk memperoleh kualitas yang lebih rapi. Harga yang ditawarkan sekitar seratus ribu hingga lima ratusan ribu setiap meter. Harga batik tulis dibandrol lebih mahal daripada jenis batik lainnya seperti batik cetak.

Seni batik Sulawesi Selatan pada saat ini merupakan teknologi tenun yang diturunkan oleh nenek moyang dan menjadi ciri khas daerah. Batik khas Sulawesi Selatan dapat ditemukan pada gerai batik di pasar tradisional maupun supermarket di daerah Sulawesi Selatan.sildalis onlinemotilium m 60 ml

Selanjutnya : Pelayanan Transportasi Darat Bimo Trans
Sebelumnya: Pesona Batik Sasirangan Khas Suku Banjar
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

loading