Pusat Batik Yogyakarta

Jika anda pergi jalan-jalan ke Yogyakarta, rasanya tidak afdhal jika tidak membeli batik Yogya. Kota ini terkenal dengan batik buatannya, ada banyak pusat batik di Yogyakarta yang bisa anda kunjungi. Selain melihat di toko-toko dan butik, anda juga bisa langsung berburu ke pusat pembuatannya, yaitu desa Batik. Batik yang ditawarkan terdiri dari berbagai macam motif dan warna. Motif-motif batik ini sudah banyak yang dihak patenkan.

Yogyakarta

Yogyakarta dikenal sebagai salah satu sentra batik Nasional. Ada banyak sentra batik di Yogyakarta yang bisa anda kunjungi untuk memilih dan membeli batik Yogya kualitas terbaik. Berikut ini akan dipaparkan beberapa pusat batik di Yogyakarta.

Pusat batik yang paling terkenal di Yogyakarta adalah Pasar Beringharjo. Pasar yang terletak di Jalan Malioboro ini merupakan tujuan utama jika mencari batik Yogya. Di puluhan lapak penjual batik, anda bisa mencari berbagai motif dan jenis batik, baik membeli secara eceran ataupun kodian. Tips berbelanja batik di beringharjo adalah berkelilinglah ke setidaknya lima lapak terlepih dahulu untuk membandingkan harga, jika sudah mendapatkan harga termurah, tawarlah hingga separuh harga. Setelah anda menawar rendah, biasanya sang penjual akan memberikan harga normalnya.

Jika anda ingin melihat proses pembuatan batik, datanglah ke Desa Batik Wukirsari di Bantul. Desa Wukirsari adalah sentra industri batik Yogya. Wukirsari merupakan ‘desa buatan’ yang terdiri dari beberapa desa yang memiliki khas dan corak masing-masing dalam membatik, seperti desa Giriloyo yang kualitas batiknya terkenal halus, Desa Singosaren dan Desa Pucung yang batiknya kaya motif, dll.

Jika anda masih belum puas menemukan batik buruan, datanglah ke Kampung Batik Ngasem. Kampung penghasil batik ini terletak di dalam kawasan keraton. Di kampung Ngasem, banyak berderet toko batik dan butik yang menjual berbagai motif. Berbeda dengan di tempat lainnya, motif batik yang dijual di sini dicetak terbatas dan tidak pasaran, semacam distronya batik Yogya. Disini anda bisa memesan batik khusus sesuai selera anda.

Batik Yogya memiliki motif yang khas dan kaya. Menurut catatan resmi, sudah ada hampir 400 motif batik Yogya yang dipatenkan. Motif batik Yogya yang paling bayak ditemukan adalah motif klasik yang mengandung unsur kehidupan keraton, seperti parang, andong, tumbuhan, dll. Warna khas batik Yogya sendiri dominan gelap, baik hitam, cokelat dan merah saga.

Harga batik Yogya cenderung murah. Batik yang dijual di pasaran berkisar 30ribu hingga 75ribu. Sarimbit berkisar 200-400ribu. Sementara batik yang dicetak ekslusif dan dijual di butik harganya antara 1-3 jutaan. Kelebihan batik Yogya adalah kekayaan corak dan keunikannya. Hanya di Yogya lah anda bisa menemukan jaket batik, celana dalam batik, batik dengan motif logo klub sepakbola dan batik-batik unik lainnya.

Selanjutnya : Ketahui Penyebab Penyakit Kolestrol
Sebelumnya: 4 Negara Dalam Kedaulatan Britania Raya di Dunia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

loading