Batu Cadas Termasuk Batuan Plutonik


Dalam ilmu geologi batu cadas termasuk batuan plutonik luar. Batuan jenis ini memiliki tingkat kekerasan menengah. Batu ini banyak ditemukan di pegunungan gamping. Oleh masyarakat setempat batuan cadas dipakai sebagai material bangunan, bahan membuat pondasi rumah dan masih banyak lagi.

Batu cadas selama ini masih belum dimanfaatkan secara maksimal, padahal jika digarap dengan benar batuan jenis ini menyimpan potensi tambang yang luar biasa banyak. Selain itu potensi tambah batu jenis cadas lokasinya banyak terdapat beberapa daerah.

Salah satu contohnya batu paras yang masih satu jenis dengan batuan cadas, bisa dimodifikasi menjadi semacam ukiran, ornamen hiasan rumah, dan masih banyak lagi.  Hal ini berkat sentuhan tangan-tangan kreatif.

Batu Cadas Termasuk Batuan Beku

Terbentuknya batu cadas karena proses pembekuan lava yang keluar dari dapur bumi. Proses pembekuan ini tak begitu sempurna karena dipengaruhi oleh kadar oksigen tinggi. Sehingga tingkat kekerasan pada batu jenis ini sangat rapuh. Sedangkan proses pengkristalan magma berlangsung sejak jutaan silam.

Jenis lain batuan beku adalah batu plutonik. Batu ini berasal dari magma yang naik ke permukaan bumi  karena dorongan energi dari dapur bumi yang tak begitu kuat.

Sehingga magma ini hanya keluar melalui celah-celah rekahan tanah dan terperangkap di dalam tanah sejauh ratusan meter.  Karenanya batuan plutonik ciri khasnya banyak rongga. Ini karena ketika proses membeku, banyak gas yang terperangkap dalam lava.

Batu plutonik ciri khasnya berwarna hitam legam, permukaan tak rata, dan bergelombang.  Jenis batu ini banyak dipakai untuk bahan membuat candi, arca, dan umpak penahan tiang rumah.

Batu ini banyak terdapat di wilayah gunung berapi atau bekas gunung vulkanik. Untuk mencari jenis batu ini perlu menggali tanah sedalam sepuluh meter.

Batuan Sedimen

Ada persepsi salah di masyarakat awam, kalau batu cadas itu batu kapur. Padahal antara batu kapur dan cadas sangat berbeda jauh. Batu kapur terbentuk dari proses sedimentasi batuan jenis lain yang menumpuk menjadi satu. Tingkat kekerasan batu kapur sangat rendah dibandingkan jenis batu cadas.

Demikianlah sekilas tentang batu cadas termasuk batuan plutonik. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Manfaat Laporan Kas bagi Perusahaan
Sebelumnya: 4 Tokoh dan Karakter Khulafah Rasyidin
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar