Batu Granit ialah Batu Serba Guna


 

Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan sebuah jenis batu yang banyak dipakai dalam pembangunan sebuah bangunan. Batu granit. Batu granit ialah jenis batuan beku instrusif yang banyak dan umum ditemukan.

Batu granit memiliki beberapa kelebihan yang menjadikannya sebagai bahan bangunan yang serba guna dan menjadi favorit. Beberapa kelebihan dari batu granit adalah sebagai berikut.

1. Ukurannya besar. Ukuran batu granit yang besar menjadikannya sangat bermanfaat dalam sebuah pembangunan khususnya menjadi batuan untuk konstruksi.

2. Keras dan kuat. Sifat keras dan kuat dari batu granit salah satunya juga menjadi alasan batu granit menjadi batuan yang cocok untuk konstruksi.

3. Tahan gores. Kelebihan batu granit yang tahan gores cocok bila digunakan untuk lapisan luar bangunan atau eksterior. Penggunaan batu granit sebagai bagian eksterior bangunan menjadikan bangunan terhindar dari goresan-goresan yang mungkin terjadi.

4. Tahan pada perubahan cuaca. Selain tahan gores, batu granit pun tahan pada perubahan cuaca. Perubahan cuaca bisa menyebabkan perubahan dan kerusakan terutama pada bagian eksterior bangunan, akan tetapi dengan menggunakan batu granit, maka eksterior bangunan bisa tetap seperti awal dibangun karena sifatnya yang tahan pada cuaca.

5. Tahan pada pengaruh cairan kimia. Salah satu kelebihan menarik dari batu granit adalah tahan pada pengaruh cairan kimia. Cairan kimia biasanya akan cepat membuat keadaan bagian-bagian pada bangunan cepat rusak dan rapuh.

Batu granit bisa menjadi batuan yang membuat bangunan tetap baik seperti pada kondisi awal karena sifatnya yang tahan pada pengaruh cairan kimia.

Batu granit hanya digunakan pada pembangunan rumah, gedung-gedung, perkantoran, sekolah, dan bangunan-bangunan lainnya. Selain digunakan pada bagian eksterior, batu granit pun bisa digunakan sebagai bagian interior baik itu lantai ataupun dinding bangunan. Batu granit bisa ditemukan di beberapa daerah di Indonesia dan terdapat juga di beberapa negara lainnya.

Batu granit ialah batu serba guna yang keberadaanya sudah banyak membantu dalam berdirinya sebuah bangunan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, salah satu alasan dipilihnya batu granit baik untuk bagian eksterior maupun bagian interior bangunan adalah beberapa kelebihan yang dimilikinya yang bisa membuat bagian-bagian bangunan bertahan lama.

Selanjutnya : Artikel tentang Pelaksanaan Kedaulatan Rakyat di Indonesia
Sebelumnya: Contoh Puisi Tsunami sebagai Aksi Solidaritas
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar