Pengertian Batuan Beku, Metamorf, dan Sedimen


Pada mata pelajaran Geografi, kita pasti bertemu dengan materi yang mempelajari tentang batuan, mulai dari batuan beku, metamorf, dan sedimen. Lalu, apa sebenarnya pengertian batuan beku, batuan sedimen, dan batuan metamorf tersebut?

Kita mulai dari batuan beku. Batuan beku adalah batuan yang terbentuk dari proses pembekuan magma yang keluar dari aktivitas vulkanik gunung berapi. Magma yang keluar dari perut bumi melalui aktivitas gunung berapi ini muncul dalam bentuk cair dan bersuhu tinggi, yakni mencapai ribuan derajat celcius.

Setelah keluar dari perut bumi dan mencapai permukaan bumi, suhu magma tersebut akan semakin turun dan lama-lama akan membeku menjadi batu dan batuan inilah yang disebut dengan batuan beku. Batuan beku sendiri menurut ahli Geologi dapat dibagi menjadi dua, yakni batuan beku vulkanik dan batuan beku plutonik. Batu granit adalah salah satu contoh dari batuan beku plutonik.
Setelah membahas batuan beku, maka kita akan membahas batuan metamorf. Batuan metamorf adalah batuan yang terbentuk dari proses transformasi atau metamorfosis dari jenis batuan yang ada dan proses perubahan ini sering disebut dengan istilah metamorfisme. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli Geologi, batuan metamorf ini merupakan jenis batuan yang yang menyusung sebagian dari kerak bumi.

Secara umum, batuan metamorf ini dibagi menjadi tiga jenis, yakni batuan metamorf kontak, metamorf dinamo, dan metamorf kontak pneumatolistis. Ketiga jenis batuan metamorf ini memiliki perbedaan dari segi tekstur dan bagaimana batuan tersebut terbentuk. Metamorf kontak terbentuk akibat dana suhu yang amat tinggi. Batuan metamorf dinamo terbentuk akibat adanya tekanan yang amat tinggi. Sedangkan metamorf kontak pneumatolistis tarbentuk akibat pengaruh gas yang ada pada magma.

Selanjutnya, batuan sedimen adalah batuan yang terbentuk akibat terjadinya pengendapan material yang ada di permukaan bumi atau di dalam air. Pengendapan atau sedimentasi ini berlangsung lama dan membentuk menjadi batu yang disebut dengan batuan sedimen. Selain itu, batuan sedimen ini juga dapat terbentuk akibat pengaruh pelapukan dan terjadinya erosi yang menyebabkan terjadinya endapan. Erosi ini disebabkan oleh agen penggundulan yang terdiri dari air, angin, gerakan es, dan gletser.

Demikianlah uraian mengenai pengertian batuan beku, metamorf, dan sedimen. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Batuk 100 Hari Sangat Berbahaya bila Menyerang BAYI
Sebelumnya: Barang yang Dibutuhkan untuk Make Up Natural
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar