Pertanda Bau Menyan


Menyan atau dupa merupakan wewangian yang banyak digunakan untuk ritual-ritual sesaji. Menyan yang sering dipakai sebagai alat ritual sesaji orang Jawa ini mempunyai bau khas yang identik dengan hal-hal yang bersifat mistis. Bau menyan banyak dianggap sebagai aroma yang mengandung unsur misteri.

Ketika sedang santai di rumah dan tidak mencium aroma apapun, lalu tiba-tiba mencium bau kemenyan, pasti seseorang akan menjadi takut dan berasumsi bahwa di sekitarnya terdapat makhluk gaib atau hantu.

Menimbulkan Bau yang Khas

Menurut beberapa sumber, makhluk halus mampu menimbulkan bau yang khas. Salah satunya adalah bau wangi kemenyan. Sebenarnya awal timbulnya mitos mengenai bau wewangian untuk jenazah ini adalah karena jenazah memiliki bau yang busuk kemudian diberi wewangian suapaya bau busuk tidak lagi menyengat. Salah satu wewangian yang awet aromanya ketika dibakar adalah kemenyan.

Di daerah Bali terdapat sebuah kampung kematian yang disebut Trunyan. Trunyan merupakan kependekan dari Taru kemenyan. Pohon trunyan yang dijadikan nama kampung itu memang menyebarkan bau wangi seperti kemenyan.

Bau tersebut dapat membuat tanah serta aroma udara harum. Mayat dan jenazah ditanam begitu saja di area Trunyan bahkan tidak dikubur. Namun, bau mayat tidak menyebar dan kalah oleh bau wangi pohon Trunyan.

Hal tersebut akhirnya seperti menjadi sebuah persepsi bahwa bau yang timbul oleh kemenyan sangat identik dengan mayat, hantu, dan sebagainya. Beberapa tempat mengkultuskan kemenyan sebagai salah satu lambang roh suci. Bahkan kemenyan dibakar dan diletakkan di depan rumah untuk menghalau roh jahat dan memberi makan roh-roh gentayangan.

Jin Menyukai Bau Menyan

Beberapa pendapat mengatakan bahwa jin selain menyukai bau kemenyan, bahkan mereka memakan kemenyan tersebut. Kalau di ilmu kejawen dikatakan bahwa bau kemenyan menunjukkan adanya sapaan dari alam gaib. Mungkin jin ingin berkenalan atau menunjukkan keberadaaanya dengan menyampaikan sebuah aroma yang khas.

Pada umat Islam dengan paham kuno dikatakan bahwa adanya bau wangi, entah bau bunga maupun menyan adalah pertanda adanya malaikat yang sedang berada sangat dekat dengan kita. Meskipun paham ini banyak yang menentang karena malaikat dipercaya ada di mana-mana dan selalu mendampingi manusia tanpa harus menunjukkan adanya aroma tertentu.

Kehadiran peri, sundal bolong, serta makhluk halus berwujud wanita cantik juga diidentikkan dengan bau menyan. Dikatakan bahwa bau tersebut timbul sebagai bau parfum identitas sang mahkluk halus.

Selanjutnya : Kualitas Daging Bawal
Sebelumnya: Analisis Data
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar