Bawang Sabrang Yaitu Bawang dari Kalimantan


Bawang sabrang yaitu salah satu jenis bawang yang banyak digunakan sebagai obat-obatan herbal. Bawang jenis ini juga sering disebut bawang Dayak atau brambang sabrang. Bawang sabrang ini mengandung zat-zat yang bermanfaat bagi tubuh diantaranya tannin, glikosida, flavonoid, saponin, steroid, fenolik, dan lain-lain.

Bawang ini memang sedikit berbeda dari bawang merah ataupun bawang putih yang lebih sering digunakan sebagai bahan dasar bumbu masakan.

Bawang sabrang sendiri merupakan tanaman yang sering ditemukan di Kalimantan Tengah. Tanaman ini sering digunakan oleh suku Dayak untuk obat-obatan. Asal dari bawang sabrang ini yaitu dari Amerika daerah tropis.

Di Indonesia tanaman ini banyak di Kalimantan dan memang menyukai tanah yang terbuka dengan humus dan kelembaban yang cukup. Sedangkan di Pulau Jawa, tanaman ini jarang ditemui. Ciri-ciri dari tanaman ini adalah umbinya berwarna merah dan licin, daunnya hijau memanjang.

Bawang sabrang yang sering digunakan sebagai obat herbal memiliki beberapa khasiat untuk menyembuhkan penyakit. Penyakit-penyakit yang dapat dibantu penyembuhannya dengan bawang sabrang antara lain sembelit, asma, TBC, migrain, vertigo, ambeien, maag, amandel, radang usus, diabetes, kanker, darah rendah, kolesterol dan masih banyak lagi.

Penyembuhan penyakit memang tidak sepenuhnya tergantung pada obat yang diminum tapi juga pantangan dan kebutuhan gizi pasien juga harus terpenuhi. Obat herbal biasanya lebih sedikit efek sampingnya dari pada obat-obatan yang diproses secara kimiawi, begitu juga dengan bawang sabrang.

Resep obat sembelit yang menggunakan umbi tanaman bawang ini yaitu dengan memarut 50 gram bawang jenis ini. Parutan tersebut diperas dan disaring. Hasil saringan tersebut ditambah dengan air panas. Sembelit akan menjadi lancar setelah rutin mengonsumsinya.

Selain sebagai obat, ada pula yang menggunakan bawang ini sebagai tanaman hias. Bunga tanaman ini memang bagus dengan warnanya yang putih.

Bunga bawang sabrang merupakan bunga tunggal yang terletak pada ketiak daunnya. Bunga bawang Dayak atau bawang sabrang bisa membuka dan menutup tergantung waktunya. Bunga akan mekar pada sore hari dan kemudian akan menutup kembali.

Bawang sabrang yaitu nama bawang ini di daerah Jawa Barat, sedangkan di Kalimantan disebut bawang Dayak. Ada lagi nama lainnya seperti bawang kapal dan bawang merah hutan. Banyaknya namanya cukup sebanding dengan banyaknya manfaat dari tumbuhan ini.

Selanjutnya : Komik Berwarna Cerita Doraemon
Sebelumnya: Materi dan Isi Kliping Energi Alternatif
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar