Mengikuti Perkembangan Bayi 5 Bulan Bisa Apa Saja


Mengikuti perkembangan bayi 5 bulan bisa apa saja merupakan hal yang menarik bagi para orang tua yang saat ini sedang memiliki buah hati yang usianya beranjak memasuki usia 5 bulan. Pemantauan seperti ini harus senantiasa dilakukan oleh para orang tua agar segera mengetahui jika ada sesuatu yang salah terjadi pada masa pertumbuhan bayi. Namun yang perlu diingat adalah setiap bayi memiliki tahapan tumbuh kembang yang berbeda.

Jadi tidak perlu panik berlebihan jika bayi Anda belum bisa duduk sendiri, padahal bayi lain seusianya sudah bisa duduk. Anda dapat mengkonsultasikan hal tersebut kepada dokter spesialis anak. Berikut akan dibahas mengenai kemampuan apa saja yang sudah dimiliki oleh bayi usia 5 bulan.

Perkembangan Motorik Bayi Usia 5 Bulan

Rasa penasaran yang terlintas di benak Anda mengenai bayi 5 bulan bisa apa saja, maka yang akan diuraikan terlebih dahulu adalah mengenai perkembangan motorik bayi. Pada usia ini perkembangan motorik halus yang ditunjukkan oleh si bayi adalah kemampuan menggenggamnya yang semakin baik.

Bayi sudah bisa mengambil dan menggenggam benda-benda yang berada di dekatnya dan suka sekali memainkannya. Sedangkan untuk perkembangan motorik kasar biasanya ditunjukkan dengan kemampuannya yang sudah berguling dari telentang menjadi tengkurap dan sudah bisa menegakkan kepala.

Pada usia ini sebaiknya jangan meninggalkan bayi sendiri di tempat tidur meskipun ia sedang tidur. Hal yang dikhawatirkan adalah jika ia terbangun dan langsung berguling maka ia bisa jatuh dari tempat tidur. Bayi usia 5 bulan juga sudah mulai suka untuk didudukkan namun tetap harus disangga terlebih dulu hingga tulang punggungnya menjadi lebih kuat.

Perkembangan Komunikasi Bayi  Usia 5 bulan

Suasana rumah akan semakin ramai dengan kehadiran bayi yang sudah berusia 5 bulan. Karena pada usia ini umumnya bayi sudah mulai mengeluarkan suara-suara celotehan yang semakin sering dan semakin nyaring.

Bayi sudah mampu mengenali suara yang ia dengar seperti suara orang-orang terdekatnya atau suara benda lain misal lonceng dll. Oleh karena itu memberikan ia mainan yang dapat mengeluarkan suara akan baik untuk merangsang indera pendengarnya. Bayi juga mulai suka membuat suara dengan gerakan bibir seperti menyembur.

Suara yang paling indah yang dinantikan pada usia ini adalah saat ia tertawa dengan mengeluarkan suara. Berikan rangsangan yang dapat membuat ia tertawa sambil terus lakukan kontak mata untuk melatih indera penglihatannya juga serta memperkuat kontak batin antara orang tua dan bayi.

Itulah sedikit informasi mengenai tumbuh kembang bayi usia 5 bulan. Semoga informasi di atas dapat memberikan jawaban atas pertanyaan Anda bayi 5 bulan bisa apa saja.

Selanjutnya : Ramalan yang Terbukti Kebenarannya Berasal dari Mimpi Jucelino Nobrega da Luz
Sebelumnya: Makalah Dampak Pengaruh Iklim dan Cuaca terhadap Kehidupan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar