Ayo Manfaatkan Beasiswa Kuliah Dalam Negeri


Berbagai program beasiswa untuk studi lanjutan di luar negeri memang ramai ditawarkan oleh berbagai pihak, baik pihak pemerintah dari negara yang bersangkutan, perusahaan swasta, yayasan-yayasan sosial, dan sebagainya. Para pelajar dari Indonesia pun berlomba-lomba merebut kesempatan belajar di luar negeri karena dianggap bergengsi. Namun sebenarnya belajar di dalam negeri tak kalah bagusnya. Banyak pula program beasiswa kuliah dalam negeri yang bisa diikuti, seperti berikut:

Beasiswa Unggulan

Beasiswa untuk mahasiswa terbaik dengan prestasi akademis yang memuaskan. Beasiswa ini diperuntukan bagi program S2 dan S3, dan khusus ditujukan bagi tenaga pendidik atau dosen di universitas baik PTN maupun PTS di Indonesia.

Beasiswa Dikti

Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti) juga mengeluarkan beasiswa untuk tenaga pendidik di universitas.Program beasiswa ini hampir mirip dengan program beasiswa unggulan. Selain menyediakan beasiswa untuk belajar di dalam negeri, program ini juga menawarkan kesempatan belajar di luar negeri.

Beasiswa Bidik Misi

Beasiswa yang satu ini dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan bagi para pelajar dari golongan menengah ke bawah. Alokasi beasiswa yang disediakan lumayan banyak, bisa mencapai puluhan ribu, di mana masa pendidikan dilakukan di berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Biasanya program ini dibuka sejak bulan Maret dan juga bulan Mei.

Beasiswa Sampoerna

Sampoerna Foundation menyediakan beasiswa khusus bagi pelajar dari Papua, Irian Jaya. Setiap tahunnya ada kira-kira 10 kuota beasiswa yang diberikan pada pelajar Papua. Kriteria penerima beasiswa adalah mereka yang memiliki jiwa kepemimpinan dan juga kecerdasan akademik. Beasiswa ini mulai dibuka setiap tahunnya di bulan Juni.

Beasiswa Djarum

Perusahaan rokok ini juga menjadi pendonor rutin yang menyediakan program beasiswa setiap tahunnya, ditujukan bagi mereka yang sedang menjalani pendidikan S1. Beasiswa ini diberikan dengan bekerjasama dengan perguruan tinggi terkait.

Beasiswa BCA

BCA Finance memiliki program beasiswa bagi mahasiswa yang tengah menjalani pendidikan S1. Biasanya pendaftaran program ini dibuka di bulan September dan memberikan kuota kepada puluhan mahasiswa Indonesia.

Beasiswa CIMB

Cimb Group menyediakan beasiswa bagi para mahasiswa yang memiliki jiwa kewirausahaan, baik yang sedang menjalani pendidikan D3 maupun S1. Biasanya pendaftaran program ini dibuka di bulan Juni.

Demikian info beasiswa kuliah dalam negeri yang bisa Anda ikuti. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Akun Twitter Artis Indonesia dengan Followers Paling Banyak
Sebelumnya: Berita Hewan Terbesar di Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar