Beberapa Contoh Aplikasi yang Berhubungan dengan Akuntansi/Pembukuan


Akuntansi atau pembukuan adalah bukan hal yang baru saat ini. Setiap perusahaan bahkan individu sudah seharusnya melakukan pembukuan untuk mencatat keuangannya. Sulit dan rumit menjadi alasan untuk tidak melakukan pembukuan. Jika terjadi pada individu maka tidak masalah, akan tetapi jika terjadi pada perusahaan, maka akan menjadi runyam. Bagaimana tidak runyam, monitoring usaha adalah pada pembukuan yang berakhir pada analisis atas perkembangan usaha suatu perusahaan.

Kesulitan akan pembukuan sebenarnya sudah tidak terjadi atau makin minim terjadinya. Bukan karena semakin banyak sarjana lulusan akuntansi, akan tetapi makin banyaknya program yang mampu menangani masalah pembukuan. Tinggal masukkan di sini dan di situ, maka secara otomatis program akuntansi akan bekerja untuk menghitung laba rugi kemudian membuat laporan keuangan yang akurat. Tidak perlu waktu berhari-hari, berminggu-minggu atau berbulan-bulan, dalam hitungan detik laporan keuangan yang rumit akan tersedia di hadapan Anda.
Beberapa Contoh Aplikasi yang Berhubungan dengan Akuntansi/Pembukuan

Aplikasi atau program yang berhubungan dengan akuntansi/pembukuan makin marak akhir-akhir ini. Kemarakannya karena makin banyak yang membutuhkan dan makin banyak yang mahir membuat. Setiap program menawarkan kelebihan, meskipun pada dasarnya memiliki sistem kerja yang serupa. Semuanya mengerjakan atau berpedoman pada siklus akuntansi yang berlaku umum sehingga meskipun pengembangnya adalah orang-orang IT campuran, orang akuntansi juga sangat diperlukan. Orang akuntansilah yang mampu menjalankan dan memahami prinsip kerja suatu program akuntansi.

Berikut adalah beberapa contoh aplikasi yang berhubungan dengan akuntansi/pembukuan.

1.    MYOB (Mind Your Own Bussiness)
Program MYOB ini sudah dikenal lama sebagai program pengolah akuntansi atau pembukuan. Sesuai dengan singkatannya, program ini menawarkan pembukuan untuk berbagai jenis usaha. Mulai dari jasa, dagang sampai manufaktur.

2.    Zahir Accounting
Zahir adalah program buatan anak negeri alias Indonesia. Kreatornya adalah Fadil Fuad Basymeleh. Program ini sangat mudah dioperasikan, terutama untuk orang Indonesia, sebab tersedia dalam Bahasa Indonesia. Sebagaimana setiap program, Zahir pun terus mengupgrade programnya.

3.    Excel
Excel sebagai salah satu fitur dalam windows, juga mampu melakukan fungsi pembukuan. Sebelum ada pengembangan beragam program seperti telah disebutkan, sebagian besar pekerjaan pembukuan diringankan dengan adanya Excel. Excel memberikan keleluasaan model pembukuan yang diinginkan.

Semoga informasi dalam artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Selanjutnya : Analisis Sajak Chairil Anwar Mirat Muda
Sebelumnya: Mengenal Kegiatan Penyuluh Pertanian
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar