Beberapa Contoh Pelanggaran HAM yang Terjadi pada Pasal 27 ayat (1)


Pasal 27 ayat (1) UUD 1945 mengandung arti bahwa setiap warga negara Indonesia berhak mendapat perlakuan hukum yang sama, kita sebagai warga negara di negara Indonesia ini, juga berhak menuntut apa yang menjadi haknya. Contoh pelanggaran ham yang terjadi pada pasal 27 ayat (1) yaitu kasus pembunuhan Munir.

Pembunuhan adalah perbuatan yang disengaja oleh pihak lain dengan maksud tertentu namun di samping itu ia telah merampas hak hidup seseorang yang belum tentu menjadi ajalnya, sehingga dia telah mendahului ajal yang telah ditentukan oleh Tuhan semesta alam.  Kasus Munir ini juga dibawa ke  amnesty international, dan tersangka yang telah dihukum selama 14 tahun adalah pilotnya bernama Polycarpus yang telah terbukti memasukkan racun berupa arsenik ke dalam makanan Munir.

Contoh lainnya adalah kasus pembunuhan mahasiwa Trisakti.  Sampai hari ini mahasiswa Trisakti yang sudah menjadi pahlawan, belumlah mendapat keadilan yang sebenar-benarnya. Kejadian tanggal 12 mei 1998 saat itu hanya seperti sebuah peringatan setiap tahun yang selalu dikumandangkan oleh mahasiswa Trisakti.

Termasuk penulis yang juga lulusan Trisakti selalu menyaksikan kawan-kawan Trisakti selalu mempersiapkan diri untuk berusaha memperjuangkan hak para teman-teman kami yang berjuang mendahului kami, untuk mendapat keadilan hukum. Namun sampai hari ini keadilan itu hanya sebuah kenang-kenangan bahwa beberapa mahasiwa trisakti sudah berjuang hingga nyawa jadi taruhan.

Kasus yang lainnya adalah kasus pembunuhan pada seorang buruh wanita bersama Marsinah.  Dia adalah seorang buruh yang aktif dalam menggelar unjuk rasa untuk kenaikan upah. Namun tak disangka dia tiba-tiba menghilang, dan tidak lama terbukti dia terbunuh dan setelah dilakukan pemeriksaan ia baru terbunuh dan sebelumnya ia terkena penyiksaan yang sangat berat.

Contoh pelanggaran HAM ini terkait dengan hal marsinah menuntut kenaikan upah, sebenarnya itu sah saja, namun hak marsinah yang disalahgunakan dengan terjadinya pembunuhan ini. Contoh pelanggaran ham yang terjadi pada pasal 27 ayat (1) sangat banyak kaitannya dengan kasus ham yang sering terjadi di Negara Indonesia, tentunya sebagai warga negara kita perlu berhati-hati dalam setiap apa yang kita lakukan,  dan belajar dari setiap kejadian yang sudah ada, dan semoga uraian ini bermanfaat untuk pembaca sekalian.

Selanjutnya : Cara Mengatasi Limbah Kotoran Ayam
Sebelumnya: Oksigen Yang Diserap Saat Bernafas Di Dalam Tubuh Kita Berperan Untuk Kesehatan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar