Mengenal Beberapa Jenis Jamur yang Beracun Serta Gambarnya


Ada sekitar 70.000 jenis jamur yang tumbuh di muka bumi ini. Beberapa di antaranya aman untuk dikonsumsi. Namun, tak sedikit yang ternyata mengandung racun. Mulai dari yang berefek ringan hingga berat. Berikut akan dipaparkan beberapa jenis jamur yang beracun serta gambar.

1. Amanita Phalloides

Amanita phalloides adalah nama salah satu jenis jamur yang menghasilkan racun falin yang dapat merusak darah. Jamur dengan bentuk yang menyerupai payung ini termasuk salah satu jenis jamur mematikan. Jamur ini hidup pada kotoran hewan sebagai saprofit.

2. Little Brown Mushroom

Dalam bahasa Indonesia disebut juga jamur kecil berwarna coklat. Jenis jamur ini mudah ditemui. Bentuknya cukup menarik, namun ternyata jamur ini bisa membawa efek berhalusinasi pada orang yang mengonsumsinya.

3. Amanita Muscaria

Jamur dengan tampilan cantik dan warna yang menarik ini termasuk jamur beracun. Sebenarnya, jamur ini mempunyai banyak variasi warna, di antaranya merah, kuning, atau jingga. Jamur ini bisa dijumpai di mana saja karena kemampuannya bertahan pada berbagai macam suhu. Jamur ini terkenal beracun dengan efek diare, muntah, vertigo, hingga setelah 2 hingga 3 jam menghirup jamur ini.

Kemudian, apa saja ciri-ciri jamur beracun itu? Berikut ini penjelasan mengenai ciri-ciri jamur yang beracun.

  • Secara umum, jamur yang beracun memiliki warna yang mencolok, seperti merah, biru, hijau, dan sebagainya. 
  • Jamur yang mengandung racun biasanya mengeluarkan bau yang busuk. Bau ini terjadi karena kandungan senyawa sulfida atau senyawa sianida. 
  • Jamur yang beracun umumnya jarang dihinggapi serangga atau binatang kecil. 
  • Untuk mengetes racun pada jamur, dapat digunakan benda-benda yang terbuat dari perak. Caranya, kerat jamur tersebut. Bila pada permukaan benda kemudian muncul warna hitam atau biru, maka jamur tersebut beracun. Warna hitam disebabkan oleh senyawa sulfida sedangkan warna biru disebabkan oleh senyawa sianida. 
  • Cara lain ialah dengan memasak jamur tersebut bersama dengan nasi. Bila nasi berubah menjadi cokelat, merah, hitam, atau kuning, maka jamur tersebut beracun.

Demikian beberapa jenis jamur yang beracun serta gambar serta dilengkapi dengan ciri-ciri jamur yang mengandung racun. Semoga artikel ini membuat kita berhati-hati dalam mengkonsumsi jamur.

Selanjutnya : Kutipan Bijak Lucu
Sebelumnya: Tempat Makan Ikan Pindang
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar