Membandingkan Beda Innova J dan E


Toyota Kijang Innova termasuk multi purpose vehicle (MPV) yang laris manis di Indonesia. Harganya yang berkisar pada Rp 200 juta membuat mobil ini menjadi kendaraan ikon keluarga kelas atas. Dua varian paling murahnya adalah Innova J dan E yang memiliki selisih harga mencapai Rp 20 juta. Dari luar, akan sulit mencari beda Innova J dan E karena berbagai perubahan dilakukan pada bagian dalamnya.

Beda Harga

Innova E dengan mesin berbahan bakar bensin dilepas ke pasaran dengan kisaran harga Rp 198 juta. Harga yang cukup fantastis untuk ukuran mobil keluarga. Namun jika dilihat dan dirasakan kualitasnya, harga tersebut bisa dikatakan sepadan.

Innova J bisa dikatakan sebagai versi paling murah dari Innova E. Walaupun lebih murah, tetap saja harganya terbilang tinggi, yaitu berkisar pada Rp 179,9  juta. Versi ini bisa jadi alternatif bagi mereka yang mendambakan citra berkelas Innova namun harganya lebih ekonomis.

Toyota menargetkan Innova tidak hanya untuk kalangan keluarga berada, tetapi juga bagi perusahaan-perusahaan. Penggunaan Innova sebagai kendaraan operasional perusahaan diyakini akan meningkatkan citra sebagai perusahaan berkelas.

Beda Fitur

Berkurangnya harga yang signifikan jika dibandingkan dengan Innova E adalah sebagai konpensasi dipangkasnya beberapa fitur tambahan. Pemangkasan tersebut dilakukan hanya pada fasilitas pendukung kenyamanan dan hiburan.

Tidak ada perbedaan pada spesifikasi mesin maupun faktor keamanan dan keselamatan. Desain penampilan Innova J sama saja seperti Innova E sehingga tetap terlihat mewah.

Kenyamanan berkendara dengan Innova J memang tidak senyaman Innova E, tapi tetap memenuhi standar kenyamanan kendaraan. Innova E dilengkapi dengan double blowerAC, sementara Innova J hanya dilengkapi single AC sehingga penumpang di belakang tidak bisa langsung menikmati semburan angin dingin. Baik Innova J maupun E sama-sama dilengkapi tilt & power steering, power windows, power door lock, dan auto alarm.

Perbedaan mencolok ada pada interior dalam mobil-mobil ini. Fasilitas hiburan menjadi salah satu yang dipangkas. Innova J tidak memiliki perangkat audio. Dashboard depannya kelihatan polos dan kosong.

Selain itu, jok tempat duduk dibalut dengan bahan yang berbeda, yaitu dengan bahan vinil pada Innova J. Untuk versi E, Toyota menyediakan varian berbahan bakar bensin dan solar. Tetapi untuk varian J hanya tersedia varian berbahan bakar bensin.

Demikian informasi mengenai beda Innova J dan E. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Makanan untuk Diabetes
Sebelumnya: Kampus yang Punya Teknik Elektro di Bandung
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar