Belajar Bahasa Arab Sehari-hari


Belajar Bahasa Arab Sehari-hari bisa menjadi sesuatu yang sangat berharga dalam bidang komunikasi. Bahasa sendiri memiliki peranan yang penting dalam peradaban manusia karena bahasa merupakan alat komunikasi antarmanusia dengan tujuan untuk menciptakan hubungan yang baik.

Mempelajari bahasa memiliki banyak keuntungan. Selain baik bagi otak karena dapet melatih daya ingat, juga membuat kita lebih mudah membaur di lingkungan dengan bahasa tertentu.

Bahasa Arab

Bahasa Arab mungkin bukanlah bahasa internasional seperti halnya Bahasa Inggris, Bahasa MAndarin, Bahasa Jepang, atau seperti yang sedang menjadi tren saat ini yaitu Bahasa Korea. Namun, semakin banyaknya komunitas Arab di Indonesia membuat kita sebagai masyarakat multikultural perlu untuk mempelajarinya.

Bahasa Arab sehari-hari ini biasa dipergunakan dalam suasana tidak resmi sehingga penggunaannya lebih santai, namun dapat juga dipergunakan untuk suasana yang lebih resmi. Hal pertama yang harus dilakukan dalam mempelajari Bahasa Arab sehari-hari adalah dengan mengenal kata ganti. Berikut ini adalah contoh kata ganti dalam bahasa Arab.

Selain mempelajari bahasa-bahasa dasar dalam Bahasa Arab, Anda perlu juga melakukan beberapa hal di bawah ini :

1.  Bergaul dengan Banyak Orang Arab

Saat Anda bergaul dengan komunitas Arab, secara otomatis Anda akan memperhatikan bahasa dan gaya pengucapan yang mereka gunakan saat melakukan dialog. Sehingga Anda bisa belajar “praktik lapangan” dan lebih mudah untuk mengingat.

Selain itu, Anda juga dapat bertanya langsung mengenai arti dan maksud dari kata tersebut. Namun, pastikan Anda bertanya kepada orang yang benar dan tidak memberikan jawaban yang menyesatkan.

2.  Selalu Mempelajari Kosakata dari Kamus

Seperti halnya mempelajari bahasa Inggris saat masih sekolah, kita selalu diwajibkan membawa kamus untuk memperkaya kosakata, begitu juga dengan bahasa Arab. Sebagai bahasa yang paling tua di dunia, bahasa Arab memiliki kosakata yang lebih banyak dan terus berkembang sehingga sering-sering membaca kamus bahasa Arab dapat membuat Anda lebih kaya akan kosakata.

3. Banyak Berlatih

Apalah gunanya memahami tanpa melatih lidah kita. Dengan banyak bicara dan melakukan dialog, maka kemampuan kita dalam berbahasa pun akan semakin lancar, dan cara pengucapan akan menjadi semakin sempurna.

4. Percaya Diri

Dalam menggunakan bahasa asing, Anda harus selalu percaya diri sehingga walaupun Anda salah, teman-teman Anda yang mungkin lebih mengerti akan maklum dan mungkin akan membenarkan kesalahan-kesalahan Anda, baik dalam pengucapan maupun dalam tata bahasanya.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa belajar bahasa Arab sehari-hari bisa dimulai dengan mempelajari tata bahasanya, lalu berbaur dalam lingkungan Arab, serta berlatih mempraktikkan bahasa tersebut.

Selanjutnya : Apa Yang Dimaksud Suara Baritone
Sebelumnya: Contoh Metode Belajar Efektif - Bermain Teka Teki Silang
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar