Tip Belajar Fotografi dengan Nikon D90


Belajar fotografi dengan Nikon D90 merupakan pilihan banyak fotografer pemula. Kamera nikon d90 merupakan jenis kamera yang sudah terbilang jadul. Konon, kamera ini pertama kali dipasarkan di Indonesia pada tahun 2008. Nah, sudah cukup lama bukan?

Anda bisa belajar fotografi dengan nikon D90 dengan mudah.  Asal tekun dan serius, Anda bisa menguasai teknik fotografi menggunakan kamera jenis ini dengan baik. Tulisan berikut akan mengupas beberapa langkah mudah belajar fotografi menggunakan kamera nikon D90 ini.

Optimalkan Buku Petunjuk Manual

Semua peralatan elektronik biasanya disertai dengan buku panduan atau buku petunjuk manual. Bahkan, beberapa juga dilengkapi denga video tutorialnya dalam bentuk CD. Sebagai langkah awal, Anda bisa belajar dari sana. Terutama jika Anda benar-benar belum pernah menggunakan kamera nikon D90.

Buku petunjuk manual biasanya memuat petunjuk lengkap penggunaan kamera, cara memotret yang baik, hingga teknik mengganti lensa fokus. Terkadang, disertai juga dengan tips-tips, seperti tips merawat kamera, tips pemotretan, dan sebagainya.

Ketahui Istilah-istilah Penting dalam Dunia Fotografi

Selain itu, Anda juga perlu mengetahui istilah-istilah penting dalam dunia fotografi. Ada banyak istilah-istilah penting yang perlu Anda ketahui sebagai fotografer pemula. Beberapa istilah penting yang wajib Anda pahami, antara lain jarak pemotretan, lensa, blitz, bukaan diafragma, tripod, dan seterusnya. Selain itu, dalam dunia fotografi juga populer istilah-istilah berikut, seperti depht of field, zooming, planing, shutter speed dan lain-lain.

Bagaimana cara memahami istilah-istilah di atas? Tentu saja Anda perlu banyak membaca dan bertanya. Anda bisa mendapatkan informasi tentang istilah-istilah fotografi dari buku khusus fotografi, artikel di internet, dan sumber informasi lainnya. Anda juga jangan segan-segan bertanya dengan mereka yang sudah senior di bidang fotografi ini.

Begabung dengan Komunitas Fotografi                            

Komunitas adalah media yang sangat bagus untuk mempelajari berbagai keterampilan, termasuk keterampilan fotografi. Kamunitas fotografi sudah banyak bermunculan, terutama di kota-kota besar. Hampir setiap kota besar di Indonesia ada komunitas fotografi.

Jika di tempat Anda belum ada komunitas fotografi, jangan khawatir. Anda bisa menemukan komunitas fotografi online. Di internet Anda bisa menemukan banyak group komunitas fotografi. Jadi, di mana pun Anda berada Anda bisa belajar fotografi dengan nikon D90 melalui komunitas online ataupun offline.Demikian penjelasan singkat tentang fotografi dengan nikon D90. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Selanjutnya : Tahukah Anda Sifat Singa?
Sebelumnya: Apa Saja Kelebihan Mobil Hybrid?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar