Belajar Kunci Balok


Belajar kunci balok bagi pemula harus dimulai dari pemahaman mengenai notasi, yakni sistem penulisan dalam musik yang dibagi menjadi dua bagian. Kedua bagian tersebut adalah notasi angka dan notasi balok. Seperti namanya, notasi angka  dilambangkan dengan menggunakan angka yang dimulai dari angka satu (do) sampai angka tujuh (si).

Sementara itu, notasi balok merupakan sistem penulisan not pada musik yang dilambangkan dengan menggunakan simbol-simbol tertentu, seperti garis lurus, bulatan, lengkungan, dan masih banyak lagi.

Not Balok

Not balok terdiri atas tangkai not, bendera not, dan kepala not yang disimpan di bawah. Not balok tersebut disimpan di garis paranada, yaitu garis-garis yang terdiri atas lima garis dan empat spasi.

Simbol-simbol yang merupakan not balok tersebut harus dituliskan di dalam garis paranada dan dibaca sesuai dengan ketentuannya. Apabila ada not yang harus dituliskan di luarnya, maka harus diberikan garis bantu untuk penempatannya agar Anda tetap bisa membaca notas tersebut. Penulisan not balok juga dilambangkan dengan huruf dengan Do sebagai C, dan seterusnya.

Penulisan not balok harus disesuaikan dengan nada dasarnya. Sebagai contoh, jika Anda ingin membuat notasi dengan nada dasar C, maka garis pertama yang akan muncul pada garis pranada adalah nada MI dengan nada Re menempel di bawah garis pertama, sedangkan Do dibuat pada garis bantu paranada.

Pada penulisan not balok, biasanya di bagian depan dituliskan lambang yang menggambarkan kunci (Clef) untuk memainkan not-not tersebut. Jenis kunci yang biasa digunakan adalah Clef Treble (Kunci G) dan Clef Bass (Kunci F).

Masing-masing bulatan pada notasi juga memiliki makna dan karakteristiknya masing-masing. Not dengan bulatan kosong berarti not penuh dengan 4 ketukan, bulatan kosong dengan batang tanpa bendera melambangkan not tengah dengan 2 ketukan, bulatan isi dengan batang tanpa bendera melambangkan not perempat dengan 2 ketukan.

Bulatan penuh dengan batang dan bendera melambangkan not perdelapan dengan 1/2 ketukan. Bulatan penuh dengan batang dan dua bendera melambangkan not perenambelas dengan ¼ ketukan. Garis dengan kotak menempel di bawahnya melambangkan not diam penuh. Garis dengan kotak menempel di atasnya melambangkan not diam tengah.

Lengkungan berbentuk angka tiga terbalik melambangkan not diam perempat. Lengkungan berupa angka tujuh melambangkan not diam perdelapan. Lengkungan berupa angka tujuh dengan garis di tengahnya melambangkan not perenambelas.

Setelah mengetahui lambang dalam penulisan notasi balok, Anda bisa belajar kunci balok dengan membaca notasi-notasi tersebut secara perlahan. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Sebab Efek Rumah Kaca dan Solusi
Sebelumnya: Arti Teori Relativitas Einstein Bagi Penemuan Planet Baru
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar