Belajar Membuat Gambar Animasi 2D dengan Macromedia Flash 5


Membuat gambar animasi 2d dengan macromedia flash 5 dibutuhkan bagi yang bekerja di area desain, animasi perfilman atau bahkan individu yang sering melakukan presentasi dan membutuhkan tampilan menarik untuk presentasinya. Bagi pemula, membuat animasi tersebut dapat dipelajari dan tidak rumit. Berikut adalah tekhniknya :

  • Terlebih dahulu disiapkan karakter animasi yang akan kita tampilkan di dalam media. Selain itu dibutuhkan juga alur cerita atau ide cerita yang akan dituangkan di dalam animasi.
  • Yang paling utama adalah download software macromedia Flash 5. Link downloadnya bisa dilihat di banyak blog.
  • Agar dapat diperoleh gambar yang bergerak diperlukan banyak bentuk gambar, sebagaimana membuat gambar bergerak secara manual. Di dalam setiap durasi terdapat beberapa frame gambar sehingga diperoleh kartun yang bergerak alami. Untuk yang paling mudah adalah membuat gambar sebanyak 5 frame per detik, setelah itu ditingkatkan dengan jumlah frame gambar yang lebih banyak per detiknya. Memang cukup rumit mengingat waktu yang diperlukan andai kata membuat film animasi berdurasi 1 jam pastilah dibutuhkan ribuan frame. Akan tetapi untuk membuat kerjaan menjadi lebih sederhana, dapat dilakukan trik yaitu dengan membuat gambar latar dan 2 atau 3 gambar tokoh kartun yang selanjutnya diedit atau digerakkan per frame.
  • Menentukan pose dan gerakan antara pose inaction dan inbetween. Sebaiknya pose dibagi ke dalam 2 bagian gerakan, Pose sendiri merupakan sebuah gerakan yang dianggap paling sulit atau ekstrim sedangkan inbeetween merupakan jeda antara gerakan satu dengan lainnya. Atau dapat dikatakan bahwa inbetween merupakan gerakan penghubung antar pose sehingga dihasilkan sebuah gerak yang tidak terputus dan halus.
  • Perlu diperhatikan adalah adanya akselerasi gerak, antisipasi serta pengaturan waktu.
  • Setelah ditentukan obyeknya, sekarang dibuat simbol dan namanya di dalam flash, kemudian memasukkan hasil scan gambar ke dalam scene dan dilakukan break a part sebanyak 2 kali. Selanjutnya dilakukan pemisahan bagian-bagian yang biasa bergerak seperti misalnya mata, alis, mulut, kemudian di klik modify.
  • Dibuat animasi pada key frame. Supaya dihasilkan efek bergerak, masuk ke dalam simbol kartun dan dibuat layer serta menaruhnya di bagian teratas dan diberi nama gerakan. Selanjutnya pada library diseret simbol bertuliskan efek tendangan.
  • Gambar animasi siap disimpan.

Demikian cara membuat gambar animasi 2d dengan macromedia flash 5. Tidak sulit, bukan?

Selanjutnya : Transportasi Daulah Khilafah Islam
Sebelumnya: Efek Samping Minum Susu Kedelai
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar