Belajar Menggambar Pemandangan


Belajar menggambar pemandangan sepertinya sudah dimulai sejak kita masih sekolah dasar. Namun, menggambar secara natural dengan garis-garis nyata atau sketsa yang bisa menggugah pelihatnya menjadi sesuatu yang sulit dilakukan jika kita tidak memiliki bakat yang besar di bidang tersebut.

Menggambar

Menggambar adalah salah satu kegiatan yang secara psikis dapat menghilangkan penat dan stres setelah seharian melakukan aktivitas yang melelahkan. Selain sebagai sarana untuk menghilangkan penat, menggambar juga merupakan salah satu cara untuk berkomunikasi secara visual dengan orang lain. Menggambar juga bisa membiasakan seseorang yang tidak suka berbicara banyak dapat mengungkapkan isi hatinya melalui media visual tersebut.

Untuk menggambar pemandangan, ada beberapa tema yang bisa dipilih agar sesuai dengan kriteria seni. Pemandangan natural biasanya berisi sketsa atau gambar nyata pemandangan. Pemandangan dengan sketsa tipis hanya sebagai objek surealis yang lebih berkesan menampilkan makna di balik gambar.

Selain mempelajari jenis-jenis atau kriteria gambar, Anda juga perlu mengetahui berbagai teknik dalam menggambar pemandangan. Berikut ini adalah beberapa langkah yang perlu kita perhatikan dalam menggambar pemandangan secara natural atau realis.

1. Ingat Objeknya

Untuk bisa menggambar pemandangan sesuai dengan aslinya, Anda perlu merekam semua pemandangan yang ingin dilukis atau digambar. Hal ini juga bisa dilakukan secara langsung dengan melukis sambil melihat pemandangan yang ada di hadapan Anda.
2. Buat Sketsanya

Begitu anda sampai di kantor atau sedang senggang, buat sketsa dari apa yang sudah Anda rekam di ingatan Anda mengenai pemandangan tersebut. Jangan sampai pemandangan indah yang sudah Anda rekam di ingatan Anda hilang begitu saja.

3. Buat Detailnya

Apabila Anda telah selesai dengan sketsanya, segera buat detail dari gambar tersebut. jika lupa, lihatlah kembali pemandangan tersebut keesokan harinya.

4. Penyelesaian

Setelah semua detail selesai, maka sampailah di tahap penyelesaian. Pada tahap ini, Anda harus mempertegas semua garis dan bentuk yang ada, lalu bersiap untuk pewarnaan untuk lebih membuat gambar Anda semakin indah dan berkesan nyata.

5. Jangan Gunakan Alat Bantu

Dalam penyelesaiannya, jangan gunakan alat bantu seperti penggaris atau penghapus, buatlah gambar senatural mungkin dengan jari-jari tangan Anda pada saat membuatĀ  sungai yang berkelok, cabang pohon yang bengkok, dan sebagainya. Jangan menghapus gambar jika dirasa kurang sempurna, timpali saja goresan yang salah dengan guratan halus.

Demikianlah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan saat ingin belajar menggambar pemandangan. Selamat mencoba.

Selanjutnya : Misteri Sebab-sebab Tenggelamnya Titanic
Sebelumnya: Format Pembuatan Makalah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar