Belajar Menyanyi yang Benar


Menyanyi merupakan salah satu hobi yang bisa juga jadi profesi. Akan tetapi, untuk menjadikannya sebagai profesi, seseorang tentu harus bisa mengetahui teknik dan belajar menyanyi yang benar agar semua hal yang berhubungan dengan tarik suara itu bisa dikuasai beserta performa yang harus dimilikinya. Berikut ini adalah teknik-teknik dasar dalam bernyanyi agar suara Anda bisa terdengar indah di telinga pendengar :

1. Berlatih Pernapasan

Untuk bisa menjadi seorang penyanyi, seseorang tentu harus memiliki teknik pernapasan yang baik sehingga tidak akan terasa lelah atau tersedak saat sedang menyanyikan lagu-lagu yang bernada tinggi. Napas yang kuat bisa menjadikan suara yang dihasilkan lebih terdengar indah dan tidak patah-patah. Teknik pernapasan ini ada tiga macam, yakni pernapasan bahu, pernapasan dada, dan pernapasan perut.

Pernapasan bahu dignakan dengan cara menarik napas dan mengangkat bahu untuk mengisi paru-paru dengan udara. Akan tetapi, cara ini tidak begitu baik jika digunakan untuk bernyanyi karena akan mengakibatkan Anda mudah capek dan kalimat menjadi putus-putus.

Yang kedua adalah pernapasan dada, yakni pernapasan yang dilakukan dengan cara membusungkan dada pada saat menarik napas untuk mengisi paru-paru dengan udara. Cara ini juga tidak terlalu baik bag penyanyi karena suara akan terasa tidak stabil.

Teknik pernapasan yang baik digunakan oleh penyanyi adalah pernapasan perut karena udara yang dimiliki lebih banyak. Tujuannya agar penyayi tidak akan kehabisan napas saat bernyayi atau pun mengeluarkan suara lainnya.

2. Berlatih Artikulasi

Artikulasi merupakan bentuk artikel yang diucapkan dengan jelas sehingga orang lain  bisa dengan jelas mendengarkan kata-kata dan kalimat yang diucapkan oleh penyanyi saat bersenandung. Hal ini diperlukan untuk meningkatkan keindahan saat bernyanyi, serta menimbulkan ketertarikan tersendiri bagi orang yang mendengarkannya.

Pada latihan ini, Anda harus bisa membedakan antara huruf konsonan dan huruf vokal dengan jelas melalui latihan getaran agar pita suara tidak terasa berat dan kaku saat melafalkan suatu kata atau kalimat. Bagian tubuh yang mesti dilatih adalah bagian kerongkongan, bibir, lidah, dan pita suara.

3. Berlatih Pich Control (Intonasi)

Latihan yang ini diperlukan agar Anda bisa mendapatkan intonasi yang bagus saat bernyanyi. Anda harus memiiliki pendengaran yang kuat untuk bisa melakukan latihan ini.

Pernapasan, kontrol, dan feeling terhadap musik yang baik bisa menjadikan latihan ini menjadi lebih mudah. Setelah itu, barulah Anda bisa memulai belajar menyanyi yang benar dengan melafalkan dan menyanyikan lagu-lagu tertentu yang sesuai dengan karakter suara Anda.

Selanjutnya : Mengintip Apa Saja Isi Dalam CPU
Sebelumnya: Fungsi Kantong Tinta pada Cumi-cumi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar