Panduan Dasar Belajar Microsoft Excel

Belajar Microsoft Excel sebenarnya susah-susah gampang, terutama bagi mereka yang baru pertama kali mengenal atau baru menjalankan program ini. Namun, tak tertutup kemungkinan juga banyak orang yang memang tak bisa menggunakan Microsoft Excel mengingat program ini membutuhkan fungsi rumus dalam pemanfaatannya. Untuk orang-orang dengan tingkat pemahaman seperti itu, wajib hukumnya untuk mengetahui dan memahami panduan dasar belajar Microsoft Excel.

Banyak sekali yang bisa dipelajari dalam pengetahuan dasar ini. Salah satunya adalah rumus-rumus sederhana penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Pemahaman terhadap rumus-rumus dasar tersebut dalam aplikasinya bisa dimanfaatkan sebagai kalkulasi dari pekerjaan yang sederhana hingga pekerjaan yang lebih rumit.

Membuat Tabel

Tabel pada dasarnya berupa ilustrasi atau gambaran pekerjaan. Tabel pun memuat angka-angka yang bisa dikalkulasikan. Membuat tabel sederhana dalam program excel bisa dilihat seperti gambar berikut:

Untuk merapikan tabel di atas, sangatlah mudah. Caranya tinggal menempatkan kursor di antara garis batas kolom hingga kursor berubah. Setelah kursor berubah menjadi lambang , langkah selanjutnya adalah double click. Hasilnya adalah lebar kolom menjadi sesuai dengan lebar kata. Untuk mempertegas garis kolom (border) seperti di atas, caranya tinggal menyorot kolom yang diinginkan dan pilih border

Kalkulasi Sederhana

Dari tabel sederhana di atas, kita bisa menggunakan rumus sederhana untuk kalkulasi.

Untuk penambahan, rumus yang dipakai adalah fungsi =sum dengan menggunakan simbol +, pengurangan menggunakan simbol -, perkalian * dan pembagian /.

Penerapannya adalah:

1. Tentukan kotak atau kolom yang diinginkan untuk menempatkan hasil. Untuk memudahkan penalaran, kita tentukan saja kolom berikut sebagai kolom hasil: B5 untuk hasil penjumlahan, C5 untuk hasil pengurangan, D5 untuk hasil perkalian, dan E5 untuk hasil pembagian.

2. Tempatkan kursor di kolom yang ditentukan lalu gunakan rumus berikut:

i. Untuk penjumlahan =SUM(B3+B4).

ii. Untuk pengurangan =SUM(C3-C4).

iii. Untuk perkalian =SUM(D3*D4).

iv.    Untuk pembagian =SUM(E3/E4).

Penerapan rumus-rumus di atas, adalah dasar pengetahuan yang mutlak harus diketahui untuk bisa belajar Microsoft Excel. Dalam aplikasinya, rumus-rumus tersebut bisa dikembangkan menjadi rumus dan fungsi lain yang lebih rumit.

Bagaimana? Apakah Anda sudah mengerti dengan apa yang dijelaskan diatas? Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Loading...
Selanjutnya : Sholat Menurut Ajaran Rasulullah
Sebelumnya: Risk Taking Seorang Wirausahawan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar