Belajar Renang Gaya Katak untuk Pemula


Belajar renang gaya katak atau gaya dada dapat dilakukan tanpa menggunakan perlengkapan buatan. Pada dasarnya aktivitas berenang ini memang bertujuan untuk refreshing dan rekreasi disamping tujuan utamanya untuk olahraga. Berenang membuat tubuh menjadi sehat karena otot-otot digunakan saat berenang. Ketika berenang orang akan melakukan berbagai gaya berenang. Akan tetapi untuk level perlombaan berenang, gaya berenang yang digunakan antara lain gaya kupu-kupu, gaya dada, gaya punggung, dan gaya bebas. Namun dalam nomor renang gaya bebas perenang diijinkan menggunakan aneka gaya renang kecuali gaya kupu-kupu, gaya dada, dan gaya punggung.

Untuk kategori renang refreshing dan rekreasi, gaya dada atau gaya katak merupakan favorit diantara semua gaya renang yang ada. Gaya katak ini merupakan gaya renang dengan posisi dada menghadap permukaan air. Kedua kaki menendang ke arah luar sedangkan kedua tangan diluruskan di depan. Gerakan ini meniru gerakan katak yang sedang berenang.

Bagi pemula, belajar renang gaya katak dapat dipelajari dengan cara sebagai berikut:

1.    Lutut ditekuk kedalam lalu menendang lurus dengan kedua posisi kaki terbuka, kaki harus tetap lurus kemudian gerakan menendang, tekuk, rapatkan ulangi berkali-kali

2.    Kedua telapak tangan tempelkan, luruskan di atas kepala, tarik tangan ke samping kanan dan kiri. Ulangi gerakan tersebut berkali-kali.

3.    Jika ingin melakukan gerakan kombinasi, gerakan tangan dan kaki dilakukan secara bergantian.

Bagi perenang pemula yang belum pernah sama sekali berenang, hendaknya mulai belajar
dengan berpegangan pada pinggiran kolam dengan menggerakkan kaki seperti cara yang disampaikan sebelumnya. Lakukan gerakan tersebut berulang-ulang sampai terbiasa dan lancar. Saat sudah mulai lancar coba perlahan-lahan beralih menyeberang kolam. Pada fase ini memang sering kaki tidak mengapung di air.

Ketika berlatih gerakan kaki hendaknya diimbangi dengan gerakan kepala untuk mengambil nafas. Setelah lancar melakukan aktivitas gerakan kaki sambil mengambil nafas, mulai coba mengapungkan badan seperti teknik gaya katak atau gaya dada yang sudah dipelajari hingga pinggir kolam.

Begitu sudah lancar melakukan gerakan kaki dan tangan, langkah berikutnya adalah melancarkan belajar mengambil nafas. Mengambil nafas dilakukan saat berada di permukaan air. Lakukan pelan-pelan jangan tergesa-gesa. Setelah semua dapat dilakukan dengan baik dan lancar barulah memulai aktivitas menyempurnakan gaya renang katak atau dada anda.

Ketika berenang tidak diperlukan perlengkapan khusus atau perlengkapan yang wajib digunakan kecuali pakaian yang dirancang khusus untuk berenang supaya memudahlan anda bergerak bebas. Menggunakan kacamata renang, penutup kepala dan penutup hidung merupakan perlatan pendukung yang dapat digunakan saat berenang. Belajar renang gaya katak dapat dilakukan untuk rekreasi atau refreshing untuk merefresh diri anda dari kegiatan rutinitas sejenak.

Selanjutnya : Bubur Tim Bayi 1 Tahun
Sebelumnya: Membuat Kue dengan Adonan Pancake Sederhana
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar