Belajar Rumus Excel Dasar


Bagaimana cara belajar rumus excel? Microsoft Office (Ms Office) adalah perangkat lunak yang dipergunakan untuk keperluan perkantoran yang teridri atas Ms Word (digunakan untuk melakukan pengetikan dokumen), Ms Excel (digunakan untuk melakukan pengolahan data angka), Ms. Power Point (digunakan untuk membuat presentasi), dan masih banyak yang lainnya.

Satu di antara jenis-jenis Microsoft tersebut adalah Excel yang digunakan dalam berbagai data akuntansi dan jenis laporan. Belajar rumus excel merupakah hal penting yang harus dipelajari dalam microsoft office ini.

Excel

Berbeda halnya dengan Word dan Power Point, penggunaan Excel dinilai sedikit lebih rumit karena melibatkan angka dan rumus sehingga Anda yang tidak suka dengan pelajaran Matematika mungkin harus meluangkan sedikit waktu agar bisa memahaminya.

Mempelajari, memahami, dan menggunakan rumus-rumus Excel membutuhkan ketelitian dan kesabaran karena penggunaannya tidak sama dengan penggunaan rumus dalam kalkulator biasa. Penggunaan rumus-rumus ini diharapkan dapat mempermudah semua pekerjaan yang berhubungan dengan data tabulasi angka sehingga lebih menghemat waktu dan tenaga. Rumus-rumus dasar yang harus dikuasai oleh para pengguna Excel yang masih pemula adalah :

1. Penjumlahan

Rumus ini adalah rumus dasar yang dipergunakan untuk menjumlahkan data angka, seperti data penjualan,pemasukan, dan pengeluaran keuangan. Penggunaan rumus ini bisa menggunakan operator (+) atau juga menggunaka =SUM. Sesungguhnya keduanya sama saja, namun bagi pemula yang ingin lebih cepat menghafal rumus, lebih baik gunakan operator (+).

2. Pengurangan

Rumus berikutnya adalah rumus pengurangan yang tentu saja bertolak belakang fungsi dengan rumus penjumlahan. Operator yang digunakan dalam rumus pengurangan ini adalah operator dengan tanda (-).

3. Perkalian

Pada fungsi perkalian, operator yang digunakan adalah (*), operator tersebut  merupakan tanda perintah yang digunakan untuk mengalikan data angka yang sedang diproses.

4. Pembagian

Fungsi pembagian menggunakan operator (/).

5. Rata-rata

Fungsi rata-rata adalah fungsi yang digunakan untuk mengetahui rata-rata data yang telah berhasil diproses sebelumnya, atau bisa juga untuk mengetahui nilai tengah dari data yang sudah diperoleh. Proses ini dapat dihasilkan dengan menuliskan formula AVERAGE.

Selain rumus-rumus di atas, sebenarnya masih banyak lagi rumus dalam Excel yang harus Anda cari, ketahui, dan pelajari. Namun, rumus-rumus di atas juga akan sangat berguna dalam praktiknya jika Anda sudah menguasainya. Untuk itu, mulailah belajar rumus excel agar Anda mampu menguasainya.

Selanjutnya : Memberi Ucapan Selamat Pernikahan pada Pasangan Pengantin
Sebelumnya: Belajar Ilmu Photoshop 70 Terbaru dengan Mudah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar