Belajar Sholat 5 Waktu


Belajar sholat 5 waktu tidak bisa dilakukan dengan setengah-setengah. Belajar bagaimana sholat yang benar harus dilakukan dengan sungguh-sungguh. Untuk anak-anak, diawali dengan melihat orangtua mereka sholat. Sedikit demi sedikit mereka belajar bacaan sholat. Hapalan surat pendek pun dilakukan setiap hari agar hapalan itu terjaga.

Anak-anak ini pun harus tahu syarat sah sholat dan rukun sholat. Tidak boleh melakukan sesuatu yang diluar tuntunan. Walaupun mungkin apa yang ditambahkan dalam sholat itu baik, tidak ada tuntunan maka tidak boleh dilakukan. Ilmu tentang sholat ini harus dipelajari dengan baik dan harus ada hujjah atau sandaran hukumnya.

Belajar Sholat untuk Muallaf

Belajar sholat 5 waktu juga harus dilakukan oleh para muallaf. Bahkan sebelum ia menjadi muallaf, sebaiknya ia telah belajar bagaimana sholat yang benar. Hukum-hukum dalam sholat hingga apa yang menbatalkan sholat, harus diketahui.

Setiap muslim itu harus menyadari bahwa orang yang berilmu itu dipandang jauh lebih baik daripada orang yang tidak berilmu. Ibadah orang berilmu itu diganjar dengan pahala lebih besar daripada orang yang tidak berilmu yang sholat.

Selain hukum dalam sholat, pelajaran lain yang harus dilakukan adalah tata cara bersuci. Misalnya bagaimana berwudhu dengan benar dan bagaimana mandi janabah. Mengapa hal-hal ini harus dipelajari? Sholat seseorang tidak diterima kalau tidak suci. Sholat tidak sah kalau tidak berwudhu. Inilah mengapa rangkaian bersuci ini adalah satu garis dengan belajar sholat.

Harus dengan Guru

Belajar sholat dan bersuci itu harus dengan guru dan tidak boleh belajar sendiri. Tanpa ada guru, ditakutkan apa yang dipelajari malah dipahami tidak dengan semestinya. Orang yang belajar sendiri pun ditakutkan akan disesatkan oleh setan karena ada hadist yang mengatakan bahwa orang yang belajar sendiri itu, gurunya setan.

Guru akan memperbaiki kesalahan dalam gerakan maupun dalam bacaan. Jangan sampai orang yang sholat malah menjadi pencuri yang sangat jahat dalam sholatnya. Bagaimana bisa ia menjadi pencuri terjahat? Jika ia tidak rukuk dan tidak sujud dengan benar karena terlalu cepat melakukannya, itulah yang dikatakan mencuri dalam sholat.

Guru juga akan memberikan keterangan tentang hal-hal yang menjadi perselisihan dalam sholat. Misalnya, membaca doa qunut. Ragam menempatkan tangan pun bisa dijelaskan dengan menggunakan hujjah. Belajar sholat 5 waktu itu membutuhkan waktu dan keseriusan. Tidak boleh dianggap enteng karena sholat adalah perintah yang wajib ditegakkan.

Selanjutnya : Aplikasi Twiter
Sebelumnya: Belajar Mesin Motor MX
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar