Tips Belajar Skateboard Bagi Pemula

Belajar Skateboard

Belajar skateboard? Bagaimana caranya? Sebelumnya harus tahu apa skateboard itu. Skateboard adalah jenis permainan atau olah raga menggunakan papan peluncur yang memiliki roda.

Loading...

Papan peluncur inilah yang digunakan sebagai alat untuk meluncur. Cara menggunakan skateboard adalah dengan memberikan tenaga yang membuat papan melaju atau bergerak, caranya dengan menggunakan satu kaki dan kaki satunya berada di atas papan.

Walaupun dengan cara seperti itu bermain skateboard bisa menghasilkan gaya dan teknik yang banyak tidak sekedar melaju atau meluncur.

Agar bisa bermain skateboard dengan baik ada beberapa tips yang bisa pembaca praktekkan, yaitu:

1.    Mempersiapkan Peralatan

Selain papan skateboard, persiapkan juga peralatan lainnya seperti:sepati khusus untuk skateboard atau sepatu dengan alas yang tebal, helm dan pelindung tubuh bagian siku atau lutut tangan dan kaki.

2.    Lakukan pemanasan

Pemanasan dapat dilakukan dengan menggerakkan bagian-bagian badan dimulai dari kepala sampai ke kaki. Pemanasan bisa mencegah agar otot tidak kram.

3.    Mengenali bagian-bagian skateboard

Sebelum memulai memelajari skateboard sebaiknya kenali bagian-bagian yang terdapat dari skateboard, yaitu: bagian belakang di sebut tail, bagian depan disebut nose.

4.    Menggerakkan papan

Yang harus diperhatikan pada waktu menggerakkan atau meluncur  adalah posisi badan.  Posisi badan harus dalam keadaan yang benar, yaitu berada pada keseimbangan, caranya adalah dengan kaki berpijak pada papan skateboard tepat berada di atas baut pada permukaan papan yang menghubungkan dengan roda.

Posisi kaki kanan yang menyentuh papan bagian depan di namakan Goofy Stance, sedangkan jika kaki kiri yang berada di bagian depan di sebut regular stance.

Cara Menjalankan/ Meluncur.

Taruh kaki di bagian depan skateboard , lalu jalankan dengan menggunakan kaki yang disimpan pada bagian belakang. Jika semakin cepat, kaki bagian belakang ditaruh ditempatnya lagi (papan belakang). Bagian depan bisa digunakan pada waktu akan berbelok dan bagian belakang digunakan untuk menjaga keseimbangan.

Selain lima poin di atas, hal yang tak kalah penting yaitu tempat untuk latihan. Hindari tempat latihan yang banyak lubang atau batu-batu, sebaiknya pilih lapangan atau lantai yang rata. Demikian artikel tips belajar skateboard bagi pemula semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Motivasi Mendaftar Perguruan Tinggi Fakultas Psikologi Terbaik
Sebelumnya: Cara Meningkatkan Prestasi Pelajar Jelang Perlombaan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar