Penyebab Terjadinya Bencana Alam Tanah Longsor


Saat musim hujan datang, selain banjir bencana yang mengintai masyarakat Indonesia khususnya yang berada di daerah yang rawan adalah bencana alam tanah longsor. Bencana ini biasanya terjadi di pegunungan yang memiliki tingkat kemiringan curam.

Tanah longsor adalah sebuah gejala alam yang diakibatkan oleh lepasnya lapisan tanah dan batuan paling atas dari perbukitan. Kemiringan tanah yang melebihi 20 derajat akan memiliki potensi untuk terjadinya longsor. Meski demikian, tidak selalu daerah yang miring akan longsor.

Faktor Tanah Longsor

Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya longsor. Faktor-faktor ini terbagi menjadi dua yaitu faktor dari alam dan faktor dari manusia. Faktor alam yang dapat menyebabkan bencana longsor ini antara lain kondisi alam seperti:

1. Adanya kemiringan permukaan tanah.
2. Adanya gempa bumi.
3. Adanya letusan gunung berapi.
4. Batuan yang sudah lapuk.

Selain itu, Kondisi iklim dan keadaan topografi juga dapat menyebabkan bencana longsor seperti tingginya curah hujan atau kondisi lereng yang sangat curam.

Faktor lain yang yang menjadi penyebab terjadinya bencana longsor yaitu faktor dari manusia. Manusia yang sering bertindak seenaknya tanpa memikirkan apa yang akan terjadi setelahnya tentu akan menyebabkan berbagai bencana terjadi. Faktor dari manusia ini antara lain:

1. Penebangan hutan yang merajalela.
2. Pengadaan kolam ikan untuk budidaya di lereng gunung.
3. Pemompaan air tanah yang menyebabkan level air tanah menjadi turun.
4. Adanya pembangunan di lereng bukit dengan beban yang berlebihan.

Adanya sistem drainase yang buruk di daerah perbukitan juga kurangnya kesadaran masyarakat akan bencana longsor turut menjadi penyebab terjadinya bencana ini. Jika kita lihat, sekarang ini banyak lahan lereng gunung yang dijadikan rumah tinggal, villa, dan sebagainya.

Padahal, kawasan seperti ini harusnya tidak dijadikan kawasan tempat tinggal karena bisa membahayakan penghuninya. Itulah beberapa faktor yang dapat menyebabkan terjadinya bencana alam tanah longsor.

Semoga sedikit informasi ini dapat menambah wawasan dan membuat kita menjadi lebih bijak dalam memperlakukan alam. Apa yang terjadi pada alam kita adalah tanggung jawab kita bersama.

Selanjutnya : Cara Menghilangkan Sakit Gusi Bengkak
Sebelumnya: Surat Keterangan Sakit Klinik IDI Asli Tapi Palsu
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar