Bencana Alam Tsunami dan Keterangannya


Gempa atau erupsi gunung berapi yang terjadi di dasar laut merupakan suatu kejadian alam yang bisa menyebabkan munculnya bencana susulan yang dampaknya lebih dasyat daripada sekadar gempa bumi atau erupsi itu sendiri. Bencana yang bisa ditimbulkan adalah bencana alam Tsunami dan keterangannya sangat sulit diprediksi apabila Indonesia tidak memiliki alat pendeteksi Tsunami yang canggih dan bekerja secara cepat.

Terjadinya Tsunami

Bencana alam Tsunami sendiri merupakan sebuah kejadian atau bencana alam yang berupa gelombang besar, yang terjadi akibat adanya perubahan permukaan laut secara vertikal. Tsunami bisa merambat ke berbagai arah karena tenaga yang dimilikinya memiliki kekuatan yang amat besar dan bersifat destruktif.

Gelombang yang dihasilkan Tsunami bisa menjalar sebanyak puluhan kilometer ke seluruh penjuru permukiman apabila telah mencapai bibir pantai dan menimbulkan efek yang sangat membahayakan manusia. Hal tersebut disinyalir terjadi akibat tingginya dinding air yang dihasilkan.

Di Indonesia sendiri, Tsunami pernah meghantam daerah Aceh pada Desember 2004 sehingga mengakibatkan berbagai kehancuran dalam bidang infrastruktur maupun jumlah korban yang ditimpa kejadian ini. Ratusan korban jiwa harus menerima akibat dari bencana tersebut sehingga kondisi Indonesia pada saat itu berubah menjadi negara yang mencekam dan berduka.

Penyebab Tsunami

Tsunami bisa disebabkan oleh banyak faktor, di antaranya adalah :
• Gempa Dasar Laut, yakni pernyebab utama yang menimbulkan kejadian Tsunami. Getaran yang dihasilkan biasanya lebih dari 6 SR dengan jenis sasaran yang naik turun atau bergerak secara vertikal.

• Letusan/Erupsi Gunung Berapi, yakni penyebab Tsunami yang terjadi di dasar laut dan menimbulkan gempa tektonik hingga getarannya sampai ke wilayah pantai. Tsunami yang terjadi akibat letusan gunung berapi ini pernah terjadi pada saat meletusnya Gunung Krakatau.

• Longsor Bawah Laut, yakni longsor yang terjadi akibat adanya tabrakan antara lempeng longsor bawah laut dengan lempeng benua sehingga terjadi gempa di dasar laut.

• Hantaman Meteor, yakni benturan besar yang terjadi sehingga bumi menjadi tergoncang dan mengakibatkan permukaan bumi mengalami berbagai hal yang mengejutkan seperti gempa bumi dan tsunami.

Demikianlah informasi mengenai bencana alam tsunami dan keterangannya sehingga kita sebaiknya berati-hati apabila ada keempat faktor penyebab Tsunami yang telah disebutkan di atas.

Selanjutnya : Makna Kata-kata Romantis dari Film Cinta Indonesia
Sebelumnya: Tips Pengantin Baru Mencari Tempat Bulan Madu Romantis
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar