Pengertian dan Jenis-jenis Bencana Alam Banjir


Banjir adalah salah satu bencana alam berupa suatu kejadian atau peristiwa yang disebabkan karena banyaknya air dengan jumlah berlebihan yang merendam daratan yang pada hari-hari biasanya tidak di genangi air.

Banjir bisa disebabkan karena curah hujan yang turun sangat tinggi atau bisa juga disebabkan karena jumlah air di sungai atau danau yang melebihi kapasitas sehingga air semakin meluap keluar batasan  Terdapat jenis-jenis banjir, yaitu:

Banjir Air

Banjir air adalah banjir yang disebabkan karena air yang terdapat di sungai, selokan atau saluran-saluran air menguap. Air yang meluap bisa disebabkan karena jumlah atau volume melebihi kapasitas. Air sungai yang meruap kemudian membanjiri daerah sekitarnya bisa membuat banjir melebihi atap rumah.

Banjir Cileuncang

Banjir cileuncang adalah banjir dadakan, yang terjadi akibat curah hujan yang sangat tinggi dengan situasi dan kondisi saluran air sudah tidak bisa menampung banyaknya air hujan yang turun.

Banjir Pasang

Banjr pasang adalah banjir yang diakibatkan karena adanya pasang surut air laut. Akibat air sungai laut yang mengalami pasang, maka ketinggian air akan melebihi bagian sisi sungai sehingga air akan menyebar ke bagian dataran.

Banjir Bandang

Banjir bandang adalah jenis banjir yang terdiri dari air dan lumpur. Banjir bandang adalah salah satu jenis banjir yang sangat berbahaya karena ketinggian dan kekuatan air yang datang cukup besar sampai bisa menghanyutkan benda-benda di sekitarnya.

Banjir Lahar Dingin

Banjir lahar dingin adalah banjir berupa muntahan lahar dari gunung berapi yang mengalir ke daerah atau daratan yang lebih rendah. Akibat adanya banjir lahar, sungai-sungai menjadi lebih mudah menguap sehingga bisa menyebabkan meluas ke daerah pemukiman penduduk

Dari jenis-jenis bencana alam banjir di atas yang menjadi salah satu penyebab utamanya adalah karena tindakan manusia yang ceroboh, misalnya membuang sampah di sungai atau saluran air yang mengakibatkan air tidak mengalir terutama pada saat curah hujan tinggi dan penebangan hutan secara liar menyebabkan hutan gundul sehingga air yang berada di permukaan tanah tidak dapat diserap tanah.

Selanjutnya : Backsound Film Titanic
Sebelumnya: Tips Menciptakan Dapur Bersih Dan Nyaman
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar