Benda-benda di Rumah Ki Joko Bodo


Budaya Indonesia, terutama tradisi lokal, tidak bisa dilepaskan dari budaya klenik yang memang sudah mengakar di dalamnya. Hal-hal yang berbau mistik mungkin menjadi sesuatu yang memang dipercaya sebagai pembawa berkah atau pembawa sial bagi kalangan masyarakat tertentu. Lantas, apakah benda-benda di Rumah Ki Joko Bodo juga memperlihatkan hal serupa?

Peran klenik yang dibwakan oleh Ki Joko Bodo sepertinya membuat masyarakat berasumsi bahwa apa yang ada di lingkungan paranormal ini merupakan sesuatu yang selalu bersifat keramat. Peran tersebut bahkan dianggap sebagai bagian dari peran seni yang dibawakan oleh Ki Joko Bodo sebagai tokoh publik.

Rumah yang Unik

Menjadi seorang paranormal yang terbilang sukses membuat Ki Joko Bodo memiliki rumah dengan bentuk unik, yakni bentuk pura yang dikenal dengan sebutan “Istana Wong Sintinx”. Rumah paranormal yang terletak di Lubang Buaya ini menunjukkan keunikan tersendiri, bukan saja pada saat masuk ke dalamnya, tapi juga saat menginjakkan kaki ke lingkungan sekitar rumahnya tersebut.

Rumah Ki Joko Bodo ini memiliki bentuk serupa candi dengan gerbang yang di depannya dipenuhi beberapa bentuk patung dan ukiran binatang mistik, seperti halnya ukiran burung atau ular. Pada dinding tempat pertama kali masuk ke rumahnya, terdapat sebuah relief yang bercerita tentang perjalanan hidup Ki Joko Bodo sejak kecil hingga sekarang.

Selain terkesan mencolok karena desain rumah yang dibentuk seperti pura, ruangan-ruangan yang ada di dalamnya pun dibentuk sebagai bagian-bagian khusus sebagai Teater Ritual. Ruangan tersebut digunakan oleh Ki Joko Bodo untuk melakukan beragam ritual yang sesuai dengan permintaan orang-orang yang percaya terhadap pertolongan yang diberikannya.

Benda-benda Renik

Segala macam bentuk representasi agama terdapat di rumah Ki Joko Bodo. Hal ini juga memperlihatkan bahwa ia sendiri melakukan segala macam ritual agama yang memang dianggap sesuai dengan keyakinannya. Hal ini dibuktikan dengan adanya stupa, arca, dan salib bertuliskan huruf Arab dengan corak masjid.

Selain memiliki benda-benda di Rumah Ki Joko Bodo seperti yang sudah disebutkan di atas, terdapat pula sebuah ruangan yang dibuat khusus untuk bertapa. Ruangan ini terdapat di bagian bawah rumahnya dan sengaja dipergunakan saat ia ingin berdiam diri dan melakukan kegiatan yang mampu menenangkan batinnya. Akan tetapi, berbagai hal yang berbau renik ini tidak membuat pria berjenggot tebal ini terhindar dari kemewahan yang disimpan melalui mobil-mobil mewah yang dijadikan hobi koleksinya.

Selanjutnya : Warna Make Up untuk Kulit Sawo Matang
Sebelumnya: Kegunaan Aplikasi Picasa
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar