Benda Cair Gas dan Padat


Benda cair gas dan padat merupakan benda-benda yang hidup berdampingan dengan kita. Benda-benda tersebut memliki peranan dan fungsi yang saling berkaitan dalam siklus kehidupan alam semesta. Benda-benda tersebut termasuk ke dalam ilmu pengetahuan alam yang sering kita pelajari dalam lingkungan sekolah. Dalam tubuh manusia, benda-benda tersebut dapat kita temukan.

Benda Cair

Benda cair adalah benda yang berbentuk cair dengan sifat dan karakteristik mengalir, cair, dan basah.  Bentuk dari benda cair ini tidak tetap karena zat cair akan berubah-ubah menyesuaikan dengan bentuk tempatnya dengan meskipun memiliki volume yang tetap. Contoh dari benda cair adalah, air, bensin, minyak, dan darah.

Benda Padat

Benda padat adalah benda yang tentu saja berbentuk padat dengan sifat dan karakteristik menempati sebuah ruang, volume tetap, memilki berat, kuat, erat, dan kaku. Bentuknya yang tidak dapat berubah-ubah membuat benda ini sulit untuk dipindahkan ke beberapa wadah yang kurang tepat. Contoh dari benda padat adalah kayu, besi, dan batu.

Benda-benda ini bisa diubah bentuknya jika telah mengalami beberapa perlakuan. Seperti kayu yang bisa berubah bentuk setelah dipotong atau besi yang bisa berubah bentuk setelah terkena panas.

Benda Gas

Benda gas adalah benda yang berbentuk gas dengan karakteristik dan sifat mengisi ruang tetapi berbeda dengan benda cair dan padat. Bentuknya bisa berubah-ubah, bergantung pada keadaan. Contoh dari benda gas adalah udara dan aspal.

Manfaat Benda Cair, Padat dan Gas

Benda cair memiliki manfaat dan kegunaan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja, air bisa digunakan untuk minum, mandi, mencuci pakaian, mencuci piring, dan menyiram tanaman. Minyak memiliki fungsi untuk menggoreng bahan makanan, memanaskan makanan, melumaskan sesuatu, dan lain-lain. bensin bisa digunakan sebagai bahan bakar kendaraan bermotor. Dan jenis benda cair lainnya.

Sementara itu, benda padat yang biasa kita temui juga memiliki fungsi tertentu dalam kehiudpan sehari-hari. Seperti halnya kayu yang bisa digunakan sebagai bahan dasar interior rumah seperti kursi, pintu, meja, lemari, dan lain-lain; batu bisa digunakan sebagai bahan pondasi rumah, pembuatan benteng, jembatan, bendungan dan lain-lain; dan Besi memiliki pearanan untuk pembuatan mesin-mesin atau kendaraan bermotor.

Benda gas juga sama pentingnya dengan kedua jenis benda yang sebelumnya. Benda gas ini bisa digunakan untuk bernapas, membuat jalan dari aspal, dan kegiatan lainnya.
Benda cair gas dan padat adalah bahan dasar alam yang banyak digunakan manusia dalam kehidupannya. Perkembangan yang maju membuat fungsi dan peranan ketiga benda ini akan semakin dibutuhkan oleh manusia.

Selanjutnya : Menjalani Hidup Hemat di Era Kapitalisme
Sebelumnya: Mengenal Ciri-ciri Kucing Hutan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar