Benda Langit yang Perlu Anda Tahu

Benda langit yang berada di dalam tata surya memilki bentuk  dan fungsi yang berbeda. Ilmu yang bisa kita pelajari untuk mengetahui jenis, bentuk, dan fungsi benda-benda langit disebut Ilmu Astronomi. Benda-benda tersebut dicipta Tuhan untuk menjaga keseimbangan siklus kehidupan, baik disadari maupun tidak. Beberapa bentuk dan nama benda langit yang secara umum perlu Anda ketahui adalah sebagai berikut.

Meteor

Meteor adalah benda di langit yang berbentuk seperti batu dengan sifat yang padat dan memiliki pergerakan yang sangat cepat sehingga bisa menimbulkan gesekan pada lapisan atmosfer yang menyebabkan munculnya pijaran api. Benda inilah yang sering dikira bintang jatuh oleh sebagian besar manusia.

Komet

Komet adalah benda di langit berbentuk lonjong dengan peregerakan yang bersifat mengelilingi matahari pada garis edarnya sendiri dan sering juga disebut sebagai bintang berekor dengan cahaya berupa gas debu yang sangat panjang. Gas tersebutlah yang disebut ekor oleh manusia.

Bintang

Bintang adalah benda di langit luar angkasa yang bercahaya dengan jenis bintang yang berada paling dekat dengan bumi adalah matahari yang dikelilingi oleh beberapa planet lainnya selain Bumi.

Asteroid

Asteroid adalah benda di langit yang sangat jauh keberadaannya, yakni lebih jauh dibandingkan dengan Planet Neptunus. Bentuk dari benda di langit ini adalah lebih kecil dari planet dan lebih besar dari komet dengan ekor yang bercahaya.

Satelit

Satelit adalah benda di langit buatan manusia yang terdapat di langit dan memilki fungsi sebagai alat atau media pemancar. Alat ini akan menerima dan mengirim sinyal dari bumi sebagai salah satu alat yang digunakan dalam sistem komunikasi dan penelitian dengan garis edar tersendiri.

Bulan

Bulan adalah benda di langit yang bercahaya dan cahayanya itu merupakan pantulan dari sinar matahari karena pada dasarnya, benda di langit tersebut tidaklah memiliki cahaya sendiri.

Awan

Awan adalah benda di langit yang terbentuk dari butiran-butiran air dan kristal dengan pergerakan yang dibantu oleh angin dan udara.

Selain benda-benda yang telah disebutkan di atas, masih banyak lagi jenis, bentuk, dan nama benda langit yang mungkin bisa Anda ketahui jika secara khusus mempelajari Ilmu Astronomi. Keberadaan benda-benda tersebut tentu saja merupakan bagian dari keseimbangan siklus kehidupan semesta alam.

Loading...
Selanjutnya : Pengaruh Pemijatan Titik Refleksi untuk Penyakit Darah Tinggi
Sebelumnya: Berburu Hadiah di Mall
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar