Benda Peninggalan Manusia Purba


Benda peninggalan manusia purba banyak ditemukan sebagai bahan penelitian sejarah peradaban manusia sampai detik ini. Benda-benda tersebut merupakan bukti sekaligus fakta yang menggambarkan adanya kehidupan di masa lampau yang bergerak seiring berjalannya waktu hingga sampai pada tahap peradaban manusia sekarang ini. Berbagai benda peninggalan tersebut didapatkan dari berbagai zaman, seperti halnya zaman batu dan zaman logam.

Benda Peninggalan Zaman Batu

Benda-benda yang ditemukan dapat diklasifikasikan menurut zamannya, dilihat dari umur benda tersebut dan pada zaman apa benda tersebut dibuat. Benda-benda yang ditemukan pada saat zaman batu misalnya, ditemukan dalam bentuk pahatan batu yang kasar atau halus dan diperguankan sebagai alat untuk keperluan berburu,bercocok tanam, dan keperluan memasak.

Sebagai contoh, ditemukannya kapak batu berbentuk kotak dan lonjong seiring merupakan bukti bahwa manusia purba juga mengalami perubahan yang besar dalam kehidupan. Yang tadinya hanya menggunakan kapak biasa yang dibentuk dengan pahatan kasar, telah berubah menjadi pahatan halus dengan bentuk yang lebih baik dan enak dilihat.

Selain terdapat peninggalan berupa kapak dan peralatan kehidupan sehari-hari lainnya, terdapat pula bentuk peninggalan yang difungsikan secara sakral sebagai media spiritualitas, seperti halnya menhir, punden berundak, sakrofagus, dan jenis peninggalan batu besar lainnya.

Peti kubur merupakan kuburan dari bahan batu yang digunakan sebagai tempat penyimpanan mayat yang telah mati. Punden berundak adalah tempat yang terbuat dari bahan batu besar dan ditumpukkan secara berundak-undak untuk keperluan pemujaan para dewa. Dolmen merupakan punden yang juga terbuat dari bahan batu untuk keperluan penyimpanan sesaji bagi roh nenek moyang.

Benda Peninggalan Zaman Perunggu

Selain pada zaman batu, kita juga bisa menemukan peninggalan bersejarah di masa lampau dari zaman perunggu. Pada zaman ini, manusia purba sudah mengalami peningkatan kebudayaan dan menjalani masa peradaban sehingga beberapa perkakas kehidupan dibuat dari bahan perunggu, seperti nekara.

Nekara merupakan sebuah dandang besar yang di bagian tengahnya terdapat selaput suara sehingga berfungsi juga seperti genderang. Benda ini dianggap sebagai mas kawin dalam pernikahan pada zaman tersebut.

Selain benda-benda yang telah disebutkan di atas, masih banyak lagi benda peninggalan manusia purba yang mungkin belum ditemukan di wilayah Indonesia atau baru-baru ini ditemukan.

Selanjutnya : Artis Nakula Sadewa
Sebelumnya: Budidaya Tanaman Jeruk
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar