Benih Brokoli yang Biasa Dijual


Benih brokoli bisa didapatkan di tampat yang secara khusus mengembangkan teknik budidaya pertanian. Beberapa jenis bibit brokoli yang biasa dijual antara lain adalah sebagai berikut :

Pertama adalah bibit brokoli yang sudah berbunga dengan perkiraan 35 hari setelah tanam. Selanjutnya adalah bibit brokoli yang mulai panen dengan perkiraan 48 hari setelah tanam; bibit brokoli umur akhir panen dengan perkiraan 59 hari setelah tanam; dan bibit brokoli yang dipilih berdasarkan bentuk daun, bunga, dan tangkai bunganya. Bibit brokoli tersebut biasanya dijual dengan kisaran harga 130 ribu per 10 gram.

Jenis kubis ini biasanya ditanam di daerah yang memiliki udara atau hawa yang sejuk, yakni sekitar seribu sampai dua ribu meter dpl dengan iklim yang basah. Pertumbuhan optimal brokoli ini akan dicapai jika dibudidayakan pada tanah yang mengandung banyak humus, gembur, porus, dengan PH tanah yang sesuai (antara 6-7). Penanaman yang baik dilakukan pada awal musim kemarau atau awal musim hujan.

Jenis Brokoli

Varietas benih brokoli yang disarankan adalah jens Bejo atau varietas lokal yang bisa ditanam di wilayah setempat. Kebutuhan benih pada saat penanaman awal antara lain sebanyak 300 sampai 350 gram/Ha.

Setelah memilih bibit yang baik, Anda bisa melakukan perendaman dalam air hangat atau dalam laruta Previcur selama satu jam. Setelah itu, barulah bibit brokoli disemaikan dan disebar secara merata pada media tanam berupa tanah dan pupuk kandang atau pupuk kompos. Tutuplah bedengan dengan daun pisang selama 2 sampai tiga hari.

Peyiraman dilakukan setiap hari dengan media tanam yang sama setelah bibit dipindahkan ke dalam poly bag atau pot plastik. Lahan yang digunakan sebaiknya pernah digunakan untuk menanam kubis-kubisan sehingga sisa tanaman bisa dikubur dan menjadi gembur untuk penanaman kubis berikutnya.

Pemeliharaan tanaman bisa dilakukan setiap hari sampai tanaman tersebut tumbuh dengan normal. Setelah itu, penyiraman dilakukan sesuai dengan kebutuhan tanaman. Tanaman yang mati akan segera disulam dan dihentikan sampai berumur 10 atau 15 hari setelah masa tanam.

Selain itu, pengendalian organisme pengganggu tanaman juga perlu dilakukan. Tujuannya agar tanaman terhindar dari cacat akibat ulat, bengkak akar, busuk, dan hal lain yang bisa membuat tanaman tidak bisa diolah, dikonsumsi, atau dijual.

Tanaman ini bisa dipanen setelah bunga terlhat padat dan kompak. Panen bisa dilakukan dengan memotong bagian tanaman yang berupa pangkal batang dan disisakan sebanyak 6 atau 7 daunĀ  untuk membungkusnya.

Akan tetapi, sebelum usaha tana dilakukan, Anda tetap harus memilih jenis benih brokoli yang baik agar hasilnya pun baik. Selamat panen brokoli.

Selanjutnya : Istilah dalam Sistem Keuangan DKI
Sebelumnya: Di Balik Cerita Siapa yang Membunuh John Lennon
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar