Mengenal Bentuk Alphabet China


Bagi sebagian orang, bahasa yang paling sulit di dunia adalah bahasa China. Bahasa China atau biasa disebut dengan bahasa Mandarin ini memang terlihat sangat sulit untuk dipelajari dan dipahami. Hal ini karena bahasa Mandarin, sama halnya seperti bahasa Jepang yang memiliki huruf hiragana dan kanji, memiliki huruf hanzi yang sangat sulit.

Bentuk alphabet China ini tentunya sulit dipahami bagi orang awam. Namun begitu, bahasa China apabila sudah dipahami cara dan karakternya, akan mudah dipelajari oleh kita. Bahasa China juga merupakan bahasa serumpun dengan bahasa Jepang, Taiwan, Mongolia, dan Korea.

Mengenal Huruf Mandarin

Huruf Mandarin yang biasa digunakan dalam bahasa China yang umum digunakan sekitar 3.500 huruf. Hal ini dikarenakan bahasan China atau Mandarin dalam setiap satu huruf dapat berarti satu kata yang mempunyai makna tersendiri.

Namun, bagi yang sudah mengenal karakter bahasa Mandarin ini akan lebih mudah dalam mempelajarinya. Jika kita perhatikan dengan teliti, maka bentuk alphabet China ini memiliki bentuk yang hampir mirip dengan bentuk benda yang dimaksud.

Bentuk Huruf China

Berikut ini adalah beberapa contoh bahasa Mandarin yang sering digunakan dalam komunikasi sehari-hari.

1.    Huruf 月dibaca yue yang berarti bulan. Huruf ini diambil dari bentuk bulan sabit yang mempunyai titik di tengahnya.
2.    Huruf  日dibaca ri yang berarti matahari. Huruf ini diambil dari bentuk matahari yang mempunyai titik di tengahnya.
3.    Huruf 人dibaca ren yang berarti manusia. Huruf ini diambil dari bentuk manusia yang mempunyai kaki dua.
4.    Huruf  田 dibaca tian yang berarti sawah. Huruf ini diambil dari bentuk sawah yang berkotak-kotak.
5.    Huruf 雨 dibaca yu yang berarti hujan. Huruf ini diambil dari bentuk hujan diluhat dari jendela rumah.
6.    Huruf 山 dibaca shan yang berarti gunung. Huruf ini diambil dari bentuk gunung yang menjulang.
7.    Huruf 木 dibaca mu yang berarti kayu. Huruf ini diambil dari bentuk pohon.
8.    Huruf 大 dibaca da yang berarti besar. Huruf ini diambil dari bentuk manusia yang membentangkan tangannya.

Dalam bahasa Mandarin ini terdapat bagian yang menyatakan arti dan suara/bunyi ketika dilafalkan. Namun begitu, jika kita mengetahui cara dan karakter bahasa China ini akan cukup mudah dipelajari.

Demikian sekilas mengenai bentuk alphabet China yang dapat dibahas, semoga bermanfaat bagi pembaca yang ingin belajar bahasa China atau Mandarin ini.

Selanjutnya : Ilustrasi Kisah Kasih Cinta
Sebelumnya: Tips Memilih Gaun Pesta Pernikahan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar