Mencermati Bentuk-bentuk Demokrasi di Dunia

Bentuk-bentuk demokrasi di dunia ada banyak macam dan jenisnya. Demokrasi yang ada di dunia, bukan hanya demokrasi pancasila seperti yang kita kenal sekarang ini. Karena itu pada artikel kali ini, kami akan mengulas tentang bentuk-bentuk demokrasi yang ada di dunia.

Secara arti bahasa, demokrasi berasal dari Yunani. Demos yang artinya rakyat dan kratos yang berarti kekuasaan. Sehingga bisa diartikan bahwa demokrasi merupakan bentuk dari sebuah pemerintahan, yang memiliki kekuasaan pemerintahan berasal dari rakyat. Ada dua bentuk demokrasi yakni demokrasi secara langsung dan ada juga demokrasi perwakilan.

Macam-macam Demokrasi

Berdasarkan paham ideologi, maka demokrasi dibagi menjadi 3 macam yakni demokrasi liberal, proletar serta pancasila.

–   Demokrasi liberal

Demokrasi ini memiliki arti, bahwa ia adalah sistem yang melindungi dengan cara konstitusional pada hak individu-individu dari kekuasaannya pemerintah. Selain itu demokrasi ini juga lebih menekankan pada kebebasan, serta kekuasaannya dibatasi perundang-undangan. Negara yang menganut demokrasi liberal ini adalah AS.

–   Demokrasi Proletar

Demokrasi ini memiliki tujuan untuk mensejahterakan rakyatnya. Karena itu, demokrasi ini tidak mengenal adanya kelas sosial. Selain itu, kekuasaan dipandang sebagai sebuah alat sah. Contoh Negara yang menganut paham demokrasi proletar ialah Polandia Rusia.

–   Demokrasi Pancasila

Demokrasi pancasila ini dianut oleh Negara tercinta Indonesia. Demokrasi ini bersumber pada sebuah filsafat serta kepribadian dari bangsa Indonesia, yang isinya sudah tertuang di dalam pembukaan UUD 45.

Bentuk dari Demokrasi

Bentuk-bentuk demokrasi di dunia ini ada dua macam seperti yang telah disebutkan diatas. Yakni demokrasi langsung dan demokrasi perwakilan.

–    Demokrasi langsung

Maksud dari demokrasi langsung ialah rakyat memiliki kebebasan yang mutlak dalam memberikan pendapat serta seluruh aspirasinya. Apabila melihat di negeri kita ini, maka demokrasi langsung ada yang sudah menerapkannya, namun adapula yang belum sepenuhnya menerapkan demokrasi langsung ini.

–    Demokrasi perwakilan

Arti dari demokrasi perwakilan ialan demokrasi yang didirikan dengan atas dasar prinsip bahwa sedikit orang yang dipilih, dengan tujuan untuk mewakili sekelompok dari orang yang lebih banyak lagi. Demokrasi ini merupakan kebalikan dari penerapan demokrasi langsung. Contoh Negara yang menerapkan demokrasi ini adalah Jerman dan Britania Raya.

Demikianlah artikel dari kami mengenai bentuk-bentuk demokrasi di dunia ini yang mungkin belum Anda ketahui. Semoga bisa membuat wawasan Anda tentang demokrasi semakin bertambah.

Loading...
Selanjutnya : Boleh atau Tidaknya Konsumsi Jus Pakai Es Buat Ibu Hamil
Sebelumnya: Loker Tambak Udang yang Menjanjikan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar