Bentuk-bentuk Penyimpangan Sosial dan Gambarnya


Idealnya, kehidupan masyarakat berjalan dengan harmonis dan selaras sehingga semua anggota masyarakat bisa hidup dengan nyaman dan damai. Tetapi, manusia memiliki karakter yang beragam sehingga keadaan yang ideal dan diimpikan sulit untuk tercapai dengan sempurna. Selalu saja ada bentuk bentuk penyimpangan sosial di tengah masyarakat. Berikut ini bentuk bentuk penyimpangan sosial dan gambarnya di tengah masyarakat kita.

1.    Penyimpangan Seksual
Penyimpangan ini berkaitan dengan masalah seksual, seperti pemerkosaan, pelecehan seksual, perilaku hubungan sejenis, pelacuran, dan lain sebagainya. Penyimpangan semacam ini bisa terjadi karena banyak factor, mulai dari kurangnya perhatian dari keluarga, trauma masa kecil, masalah ekonomi, hingga salah pergaulan.

2.    Kenakalan Remaja
Dari tahun ke tahun jenis kenakalan remaja terus mengalami perkembangan. Bila beberapa tahun yang lalu kenakalan remaja hanya sebatas membolos sekolah, kini kenakalan remaja sudah berkembang ke arah kriminalitas. Seperti, pencurian, perkelahian pelajar, persaingan tak sehat antar geng motor dan masih banyak lagi lainnya. Kenakalan remaja ini dipicu oleh berbagai hal, seperti kurangnya perhatian keluarga, pergaulan yang terlalu bebas, kurangnya pengawasan dari pihak sekolah dan beberapa faktor lainnya.

3.    Penyalahgunaan Narkotika
Berita mengenai penangkapan para pengedar dan pengguna narkotika menghiasi berbagai media setiap hari. Inilah pertanda penyalahgunaan narkotika telah meluas di berbagai lapisan masyarakat. Narkotika memiliki efek merusak pada tubuh dan sekaligus menimbulkan kejahatan yang lain. Seorang pengguna narkotika terdorong untuk mencuri demi mendapatkan narkotika. Pengaruh narkotika pada seseorang juga bisa menyebabkan orang tersebut melakukan tindakan di luar kesadarannya.

4.    Tindak Kriminal
Persoalan hidup yang rumit dan kesulitan memperoleh kehidupan yang layak membuat seseorang bisa melakukan tindakan criminal, mulai dari mencuri, merampok hingga membunuh. Korupsi juga termasuk tindakan kriminal yang didorong oleh keinginan untuk memperkaya diri sendiri dengan cara yang mudah dan cepat.

Bentuk bentuk penyimpangan sosial dan gambarnya ini memang tidak bisa dihapus hingga bersih dari tengah masyarakat. Tetapi, yang bisa dilakukan adalah menguranginya dan setiap anggota masyarakat harus berperan di dalamnya. Caranya, yakni dengan mendidik anak-anak dengan baik dan menjaga keluarga tetap harmonis. Niscaya sebuah masyarakat yang lebih baik bisa terwujud dari keluarga-keluarga yang baik pula. Semoga informasinya bermanfaat.

Selanjutnya : Ragam Bentuk Lemari untuk Perabotan
Sebelumnya: Peraturan dan Teknik Dasar Atletik Lari Gawang
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar