Korupsi Waktu – Bentuk Korupsi yang Dilupakan

Saat ini banyak bentuk korupsi yang dilupakan oleh orang-orang. Pada umumnya mereka hanya fokus terhadap korupsi materi seperti yang dilakukan pejabat dan wakil rakyat. Apa wujud korupsi yang dilupakan itu? Salah satunya adalah korupsi waktu. Korupsi tersebut sering tidak disadari oleh orang-orang karena dianggap remeh dan tidak berdampak negatif. Namun mereka salah karena justru korupsi waktu menjadi faktor utama terjadinya korupsi lainnya.

Korupsi Waktu

Secara garis besar, korupsi waktu dilakukan oleh pegawai kantor yang memiliki jadwal kerja lebih banyak dibanding jumlah tugas atau tanggung jawabnya. Misalnya, satu hari seorang pegawai kantor memiliki delapan jam waktu kerja efektif, namun tugas atau tanggung jawabnya hanya berkutat di depan PC atau kegiatan lainnya yang tidak membutuhkan banyak waktu. Selesai merampungkan tanggung jawab harian, jika masih ada waktu lebih, maka pegawai memilih untuk meninggalkan kantor atau beristirahat tanpa melanjutkan pekerjaan selanjutnya.

Tanpa Anda sadari, ketika Anda melakukan hal tersebut, Anda telah melakukan korupsi waktu. Korupsi waktu itu akan berdampak pada beberapa sistem di sekitarnya. Andaikan Anda mengambil waktu hanya tiga jam dari delapan jam kerja efektif dan sisanya Anda jadikan untuk beristirahat, maka sudah ada berapa tugas yang Anda undur? Sudah berapa tugas yang menunggu untuk Anda selesaikan?

Demikian pula dengan kegiatan lainnya yang tertunda karena menanti hasil kerja Anda. Banyak sistem yang mulai berantakan karena diawali dengan korupsi waktu yang Anda lakukan. Jika tugas yang menunggu dan Anda berpikir dapat menyelesaikannya dalam waktu singkat setelah ditumpuk, maka tidak ada salahnya jika Anda menyelesaikan lebih awal dari jadwal yang telah ditentukan.

Mengatasi Korupsi Waktu

Bagaimana cara mengatasi korupsi waktu yang jarang disadari oleh kita? Caranya adalah dengan membuat diri sendiri menjadi lebih disiplin. Jika Anda adalah orang yang tidak terbiasa dengan kegiatan terjadwal, maka biasakan diri Anda sejak saat ini untuk membuat jadwal kegiatan yang harus Anda lakukan dalam satu hari penuh. Jika strategi tersebut masih belum membantu Anda secara maksimal, Anda dapat menyiasati sifat Anda dengan menggunakan alarm. Buat alarm yang mengingatkan Anda akan tugas yang menanti.

Demikian artikel singkat mengenai bentuk korupsi yang dapat kami sampaikan. Semoga menambah wawasan Anda dan menyadarkan kita tentang korupsi yang terlupakan sehingga dapat menghindarinya. Mari ciptakan etos kerja yang disiplin.

Selanjutnya : Jenis Yang Lebih Tepat Digunakan Analisis Dari pada Jenis Metodologi Penelitian
Sebelumnya: Empat Momen Romantis dari Kisah Nabi Muhammad dengan Aisah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

//adsnya disini