Mengenal Bentuk Laporan Keuangan PT Gudang Garam Tbk

Setiap perusahaan mempunyai bentuk laporan keuangan PT yang berbeda satu sama lain. Laporan keuangan dibuat sebuah PT atau Perusahaan Terbatas untuk mengetahui arus kas Perusahaan itu sendiri. Laporan keuangan dibuat berdasarkan besar atau kecilnya sebuah perusahaan.

Laporan keuangan sederhana biasanya dibuat oleh perusahaan kecil sedangkan laporan keuangan besar dan kompleks biasanya dibuat oleh perusahaan besar. Salah satu perusahaan besar yang harus memberikan laporan keuangan secara rutin per tahunnya yaitu PT. Gudang Garam Tbk.

Laporan keuangan sebuah perusahaan biasanya dibuat untuk diketahui oleh semua karyawan dan pemilik saham pada perusahaan tersebut. Karena PT Gudang Garam Tbk adalah sebuah perusahaan tembakau terbesar di Indonesia, pastilah jumlah pemegang saham di PT itu banyak sekali. Jika laporan keuangan tidak dibuat atau tidak pas dengan pengeluaran atau pemasukan, hal ini bisa mencurigakan karena bisa diindikasikan tidak adanya keterbukaan dalam keuangan.

Isi dari Laporan Keuangan

Laporan keuangan biasanya dibuat oleh bagian keuangan yang ada di sebuah perusahaan itu. Setiap bentuk laporan keuangan PT Gudang Garam Tbk biasanya terdiri dari beberapa hal berikut ini:

1. Aktiva

Aktiva dalam sebuah laporan keuangan PT Gudang Garam Tbk ini bisa berupa aktiva lancar dan aktiva tidak lancar. Aktiva lancar terdiri dari kas, piutang, pajak dan biaya yang dibayar di muka, juga aktiva lainnya. Aktiva tidak lancar terdiri dari piutang hubungan istimewa, investasi jangka panjang dan pada perusahaan asosiasi, aktiva tetap, goodwill juga aktiva tidak lancar lainnya.

2. Kewajiban dan Ekuitas

Kewajiban dalam laporan keuangan PT Gudang Garam Tbk ini terdiri dari kewajiban lancar dan kewajiban tidak lancar. Sedangkan ekuitas dalam laporan keuangan PT Gudang Garam Tbk ini ada pada hak minoritas sebuah perusahaan.

3. Penjualan/Pendapatan Usaha

Dalam sebuah perusahaan yang memproduksi barang, biasanya ada penjualan/pendapatan usaha yang harus ada dalam laporan keuangan. Begitu juga dengan beban pokok penjualan dan laba kotor untuk mengetahui keuntungan yang diraih.

4. Laba

Selain laba kotor, ada beberapa jenis laba yang harus ada di dalam laporan keuangan PT Gudang Garam Tbk. Beberapa jenis laba itu adalah laba usaha,  laba sebelum pajak, laba sebelum hak minoritas dan laba per saham. Laba per saham ini terdiri dari laba bersih dan laba kotor.

Laporan Keuangan Harus Rinci

Setiap bentuk laporan keuangan PT mana pun haruslah dibuat serinci dan dijelaskan secara detail. Hal ini juga berlaku untulk PT Gudang Garam Tbk agar semua terlihat transparan dan tidak ada penggelapan uang.

Karena laporan keuangan ini haruslah dibuat oleh orang ahli yang mengenal betul seluk beluk pengeluaran dan pemasukan, maka jika kita menjadi karyawan baru yang bertugas membuat laporan keuangan haruslah belajar dari senior. Salah satu bentuk kejujuran perusahaan adalah membuat laporan keuangan yang nyata dan tidak mengada-ngada. Semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Harga Bedak Citra Warna Kuning Berdasarkan Jenis-Jenis Kosmetik
Sebelumnya: Gambar Pemandangan yang Bisa Digambar dengan Crayon
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar