Bentuk Negara dan Pemerintahan India


Bentuk negara dan Pemerintahan India merupakan hal yang juga perlu diketahui oleh masyarakat luar negeri India sebagai bentuk perbandingan dalam sistem kenegaraan dan pemerintahan. Negara yang memiliki luas wilayah sebesar 3.287.263 (km2)  ini memiliki sistem kenegaraan dan pemerintahan yang tentu saja harus disesuaikan dengan jumlah penduduknya yang berjumlah 1.220.800.359 jiwa.

India

Negara yang memiliki nama resmi Republik of India atau Republik India ini beribu kota di New Delhi dengan sistem kepercayaan mayoritas yang dianut penduduknya adalah agama Hindu. Negara berkembang ini juga memiliki 28 negara bagian dengan 7 bagian teritori yang menjadi kesatuan bentuk negara federasi.

28 negara bagian beserta 7 bagian teritori di dalamnya tersebut adalah Arunachal Pradesh, Adhara Pradesh, Assam, Bihar, Chhattisgarh, Goa, Gujarat, Haryana, Himashal Pradesh, Jharkhand, Jammu, dan Kashmir. Kemudian Karnataka, Kerala, Maharashtra, Madhya Pradesh, Manipur, Meghalaya, Mizoram, Nagaland, Odisha, Punjab, Rajasthan, Sikkim, Tamil Andaman dan Nicobar Islands, Chandigarh, Dadra dan Nagara Haveli, Daman dan Diu, Delhi,  Puducherry, dan Lakshadweep.

Secara nasional India, bahasa resmi yang digunakan oleh masyarakatnya adalah Bahasa Hindi. Akan tetapi, masyarakat di wilayah negara bagian lainnya juga menggunakan bahasa daerah masing-masing yang diketahui sebagai bahasa ibu dan bahasa peradaban mereka. Beberapa bahasa tersebut antara lain adalah Bengka, Tamil,Telugu, Marathi, Urdu, Gujarat, Kannada, Malayalam, Oriya, Punjab, Assam, dan Maithili.

Selain memiliki corak bahasa yang beraneka ragam, negara ini juga memiliki corak kesukuan ang masih terbwa dari peradaban kuno yang dulu membentuk sejarah negaranya. Seperti  suku Dravida, Indo-Arya, dan Mongol yang pada akhirnya menyatu dalam bentuk pemerintahan republik di India.

Kekuasaan negara Republik India ini juga mengaplikasikan ajaran Hindu di dalam sistem pemerintahannya, serta membentuk negara federasi yang bisa membangun negara yang kaya akan kebudayaan serta filosofi hidup. Meskipun begitu, agama lain yang ada di India juga bisa hidup damai berdampingan dengan gaama mayoritasnya.

Bentuk negara yang diaplikasikan dalam negara ini adalah demokrasi parlementer dengan sistem multi partai yang kuat, seperti Majelis Rakyat (Lok Sabha), yakni dewan rakyat India yang dipilih oleh masyarakat India secara langsung; dan Majelis Negara Bagian (Rajya Sabha). Salah satu bentuk negara dan pemerintahan India mengenai kepemimpinan perdana menteri dilakukan oleh Majelis Rakyat.

Selanjutnya : Kata-kata Indah Buat Orang Lain
Sebelumnya: Artis Filipina Paling Cantik
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar