Bentuk Pemerintahan Negara-negara di Dunia


Bentuk pemerintahan negara-negara di dunia diklasifikasikan menjadi beberapa bagian, dan setiap negara memiliki bentuk pemerintahan masing-masing yang disesuaikan dengan kondisi rakyat yang ada di negara tersebut. Meskipun memilki bentuk pemerintahan yang sama pada negara yang berbeda, sistem pemerintahan yang dijalankan oleh negara-negara tersebut tidaklah sama.

Sistem pemerintahan merupakan bentuk sarana politik yang dijalankan untuk menegakkan suatu kedaulatan atau kekuasaan negara terhadap rakyat yang dipimpinnya. Beberapa bentuk pemerintahan atau negara tersebut dibentuk pada zaman kuno yang sampai sekarang masih digunakan sebagai bentukan pemerintahan negara di dunia, antara lain adalah oligarkhi, monarki, tirani, aristokrasi, plutokrasi, politeia, dan demokrasi.

Bentuk pemerintahan tersebut mengalami berbagai perubahan kemunduran seiring dengan perkembangan dan kemajuan zaman sehingga dibentuklah sistem pemerintahan modern yang kita kenal sekarang-sekarang ini seperti :

1. Monarki, yakni bentuk pemerintahan dengan kekuasan tertinggi yang berada di tangan seorang raja atau kaisar. Bentuk pemerintahan jenis ini terdiri atas tiga jenis, yakni monarki absolut yang dipimpin oleh raja atau kaisar dengan kekuasaan tak terbatas seperti negara Arab Saudi dan Brunei Darussalam.

Kedua, monarki konstitusional yang dipimpin oleh seorang raja atau kaisar tetapi kekuasannya dibatasi oleh undang-undang yang berlaku di negara tersebut seperti halnya negara Jepang, Denmark, Spanyol, Belanda, Inggris, dan Thailand. Terakhir, monarki parlementer yang dipimpin oleh seorang raja atau kaisar dengan kekuasaan yang dikendalikan oleh parlemen seperti halnya negara Malaysia dan Inggris.

2. Republik, yakni bentuk pemerintahan yang dipimpin oleh seorang presiden dengan pemilihan langsung yang dilakukan oleh rakyat yang dipimpinnya. Seperti halnya bentuk pemerintahan monarki, republik juga terdiri atas tiga jenis pemerintahan, yakni pertama republik absolut yang dipimpin oleh diktator dengan kekuasaan penuh secara otoriter

Kedua, Republik konstitusional yang dipimpin oleh seorang presiden dengan kekuasan yang dibatasi oleh undang-udang  dan parlementer seperti halnya negara Indonesia. Terakhir  republik parlemen dengan kepala negara seorang presiden dan kepala pemerintahannya dipegang oleh perdana menteri seperti halnya negara India dan Pakistan.

Kedua bentuk pemerintahan negara-negara di dunia tersebut menjadi dua jenis pemerintahan yang banyak digunakan oleh negara-negara maju dan berkembang. Meskipun begitu, ada juga negara lain yang menggunakan sistem pemerintahan yang berbeda, seperti halnya Singapura yang menerapkan sistem Negara Kota.

Selanjutnya : Dampak Penyakit Maag Terhadap Produktifitas Kerja
Sebelumnya: Banyak Rusuk Bangun Prisma Siku-Siku
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar