Bentuk Permata Kali Maya


Dari sekian jenis permata yang terdapat di muka bumi, bentuk permata kali maya layak untuk mendapatkan apresiasi. Selama ini, masyarakat seringkali hanya terfokus pada safir, zamrud, atau merah delima dan mungkin jarang memberikan perhatian pada batu permata yang satu ini. Padahal, permata kali maya memiliki sejumlah keistimewaan yang layak disandingkan dengan berbagai jenis permata lainnya.

Permata Kali Maya

Kali maya disebut juga Opal memiliki warna bening, tetapi menghasilkan variasi warna yang transparan. Jika terkena paparan sinar matahari, permata kali maya akan memantulkan cahaya berwarna-warni layaknya pelangi.

Menariknya lagi, tampilan warna-warni tersebut bisa berubah-ubah, tergantung dari sisi mana kita memandangnya. Jadi, kali maya memberikan kesan unik, cantik, sekaligus elegan.

Permata kali maya berasal dari gabungan amorfis dan silika. Permata ini biasanya ditemukan bersama pasir, limonit, riolit, marl, dan basal. Keunikan karakter yang dimiliki kali maya membuat harganya pun relatif mahal.

Untuk ukuran 1 hingga 2 cm, harganya sekitar 200 ribu rupiah, bahkan bisa mencapai jutaan rupiah jika memiliki pantulan yang berwarna-warni. Semakin tinggi kadar dan kemampuannya memantulkan warna, maka semakin mahal pula harganya.

Indonesia sebagai negara yang kaya akan sumber daya alam dan merupakan negara penghasil permata kali maya terbaik di dunia. Keunggulannya terletak pada pancaran warnanya yang luar biasa mempesona. Daerah penghasil permata kali maya terbaik bisa ditemukan di Kabupaten Lebak, Banten.

Kelebihan permata kali maya asal Lebak ini adalah pancaran warnanya yang tidak akan pudar dan ragam warnanya yang sangat bervariasi, yaitu biru, coklat, ungu, hitam, dan warna-warna pelangi. Keunikan pancaran warna permata kali maya asal Lebak inilah yang membuat harganya cukup melambung tinggi. Menurut pengakuan salah seorang perajin di sana, satu buah permata kali maya dihargai sampai 40 juta rupiah.

Jika Anda tertarik mengoleksinya, hendaknya Anda berhati-hati. Sekarang ini, sudah ada versi imitasi permata kali maya. Salah satunya adalah batu dablet (dublet). Batu ini juga memiliki pancaran warna-warni, namun lebih mencolok. Oleh karena itu, sebaiknya Anda datang langsung ke Lebak agar bisa mendapatkan bentuk permata kali maya yang asli.

Selanjutnya : Liburan Lokasi Pulau Seribu atau Anyer yang Sangat Menyenangkan
Sebelumnya: Contoh Kalimat Ajakan Dalam Bahasa Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar